Informasi Terpercaya Masa Kini

Jelajahi Keanekaragaman Rasa,Agoda Beberkan 5 Destinasi Kuliner Terbaik di Asia

0 6

TRIBUNJATIM.COM – Kuliner bukan hanya soal menyantap hidangan, namun juga menjelajahi, merasakan, serta menikmati setiap suapannya, dan tempat terbaik untuk melakukan semua itu adalah daerah asal hidangan favorit tersebut. 

Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan destinasi kuliner terbaik di Asia yang dikunjungi para wisatawan khusus untuk perjalanan kuliner, dan Korea Selatan muncul sebagai juara bagi para pecinta kuliner.

Tidak kurang dari 64 persen wisatawan yang bepergian ke Korea Selatan berbagi dengan Agoda bahwa kuliner lezat dari Negeri Ginseng tersebut menjadi alasan utama mereka bepergian, seperti kimchi, barbekyu ala Korea, dan ayam goreng.

Peringkat kedua adalah Taiwan (62 persen), lalu Thailand (55 persen), Jepang (52 persen, dan Malaysia (49 persen) melengkapi lima teratas. 

Studi ini mensurvei lebih dari 4.000 pengguna Agoda setelah mereka menyelesaikan pemesanan ke berbagai negara tujuan.

Gede Gunawan, Senior Country Director di Agoda Indonesia mengatakan, “Makanan lebih dari sekadar kebutuhan, namun juga merupakan pengalaman budaya.

Beberapa wisatawan begitu antusias soal makanan, hingga mereka memesan tempat di restoran luar negeri, bahkan sebelum memesan tiket pesawat.

Data survei kami dengan jelas menunjukkan bahwa wisatawan mencari destinasi tempat mereka dapat menikmati kuliner dan tradisi lokal, daripada sekadar berwisata.

Agoda bangga memberi penawaran menarik untuk mengunjungi surga kuliner ini, sehingga ada lebih banyak yang bisa dibelanjakan untuk menikmati hidangan lokal yang paling lezat.”

Berikut Tur Kuliner ke Lima Destinasi Kuliner Terbaik di Asia:

1. Korea Selatan

Kuliner Korea Selatan menarik perhatian para pecinta makanan dari seluruh dunia, tak diragukan lagi terbantu oleh popularitas drama dan film Korea yang sering menampilkan pengalaman kuliner unik.

Di Pulau Jeju, nikmati hidangan seafood segar dan heukdwaeji (hidangan pork hitam) yang lumer di mulut, dimasak di atas panggangan BBQ tradisional Korea. 

Bagi yang suka tantangan, cobalah ganjang gejang (kepiting mentah yang dimarinasi dengan soy sauce) – hidangan yang dijamin akan memulai obrolan (dan mungkin sedikit berkeringat!) di kota-kota pesisir seperti Incheon.

 Untuk makanan penghangat jiwa yang memberi kenyamanan (comfort food), kunjungi Gangneung untuk menikmati chodang sundubu (sup panas dengan tahu lembut).

Pasar tradisional, seperti Pasar Gwangjang di Seoul, adalah tempat yang tepat untuk mencicipi makanan kaki lima seperti tteokbokki (kue beras pedas) dan bindaetteok (pancake gurih).

2. Taiwan

Taiwan adalah surga kuliner yang memadukan tradisi kuno dan pengaruh modern. Pasar malam legendaris Taipei, seperti Shilin dan Raohe, adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner. Mulai dari stinky tofu yang terkenal hingga sensasi bubble tea yang mendunia.

Di Tainan, hidangan tradisional seperti mie danzai dan sup ikan bandeng menyoroti warisan kuliner yang kaya di pulau ini. Taiwan juga menawarkan budaya teh yang unik, dengan teh oolong Alishan yang menjadi favorit setiap pecinta teh.

3. Thailand

Thailand adalah surga bagi pecinta kuliner, menawarkan budaya kuliner street food yang sulit ditandingi. Gerai makanan tradisional Yaowarat, yang dikenal sebagai kawasan Pecinan di Bangkok, menyediakan hidangan seperti crispy pork belly, pad thai, telur dadar tiram renyah, dan mango sticky rice yang tidak hanya termasuk makanan paling lezat tetapi juga paling terjangkau.

Di utara Thailand, Khao Soy yang kental dan lembut di Chiang Mai wajib dicoba. Sementara di selatan ada Khanom Jeen hidangan mie beras fermentasi yang disajikan dengan berbagai kari pedas. Meski kurang dikenal, hidangan ini kini menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner.

4. Jepang

Jepang adalah destinasi impian bagi para penggemar kuliner, menawarkan berbagai pilihan mulai dari camilan bar izakaya hingga pengalaman hidangan lengkap kaiseki.

Di Tokyo, kunjungi Tsukiji Outer Market untuk menikmati sushi dan sashimi segar, atau jelajahi hidangan lokal seperti takoyaki (bola gurita) dan yakitori (sate ayam panggang) di area populer seperti Shinjuku dan Ginza. Para pecinta seafood harus mengunjungi Otaru di Hokkaido untuk menikmati kepiting yang terkenal, uni (landak laut), dan seafood segar donburi.

Bagi para penggemar ramen, Tenjin di Fukuoka adalah tempat yang tepat untuk mencoba ramen tonkotsu, terkenal akan mangkuk khas dengan kaldu pork yang kental.

5.  Malaysia

Sebagai destinasi yang memadukan berbagai rasa, masakan Malaysia mencerminkan warisan multikulturalnya. Di Kuala Lumpur, Nasi Lemak hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari Nasi Lemak Bungkus (nasi yang dibungkus dengan santan, sambal, dan berbagai lauk) hingga Nasi Lemak Ayam Goreng Berempah (ayam goreng pedas). 

Wilayah Penang memanjakan pengunjung dengan makanan kaki lima klasik seperti Char Kway Teow (kwetiau tumis), Hokkien Mee (sup mie gurih), dan Cendol (es serut denan topping).

Di Malaysia Timur, Kota Kinabalu menyajikan hidangan lokal segar seperti Hinava (salad ikan mentah) dan Tuaran Mee. Kuching terkenal dengan Manok Pansoh, hidangan tradisional Iban berupa ayam yang dimasak dalam bambu dengan rempah-rempah.

Wisatawan asal Indonesia yang menjadikan kuliner sebagai motivasi utama perjalanan mereka, paling sering memilih Malaysia sebagai destinasi wisata, diikuti oleh Jepang dan Thailand.

Sementara Indonesia sendiri paling banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner dari Korea Selatan, lalu Singapura, dan Jepang.

Agoda memudahkan Anda mewujudkan impian kuliner dengan menyediakan akses ke lebih dari 4,5 juta properti liburan, 130.000 rute penerbangan, dan 300.000 aktivitas.

Mulai dari tur kuliner kaki lima di Bangkok hingga kelas membuat sushi di Tokyo, Agoda membantu wisatawan menjelajahi cita rasa global. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi agoda.com atau unduh aplikasi Agoda.

Leave a comment