Informasi Terpercaya Masa Kini

Blusukan di Kampung Luar Batang,RK Dilabrak Emak-emak ‘Jangan Cuma Tebar Janji Kampanye Pak’

0 3

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN – Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil melanjutkan kampanye dengan blusukan ke Kampung Luar Batang sekaligus berziarah ke makam Habib Husein bin Abubakar Alaydrus di Jakarta Utara.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, Ridwan Kamil tiba di makam Habib Husein bin Abubakar Alaydrus yang berlokasi di dalam Masjid Jami Keramat Luar Batang sekira pukul 08.15 WIB.

Ridwan Kamil tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang yang dibalut dengan rompi warna krem.

Pada bagian kiri rompi tersebut tersemat pin bergambar Monumen Nasional (Monas) berkelir oranye.

Begitu tiba di lokasi, Ridwan Kamil langsung disambut oleh pengurus masjid.

Eks Gubernur Jawa Barat ini sempat diajak berkeliling untuk melihat-lihat masjid tersebut.

Sambil berkeliling, sang pengurus masjid menceritakan sejarah dari bangunan itu dan sosok Habib Husain yang merupakan salah satu tokoh penentang penjajah Belanda di kawasan Sunda Kelapa.

Setelah berziarah di makam Habib Husain, Ridwan Kamil kemudian mulai blusukan menyapa warga pesisir utara Jakarta.

Teriknya matahari siang ini tak menghalangi langkah Ridwan Kamil untuk menelusuri gang-gang kecil di perkampungan yang berbatasan langsung dengan laut.

Sesekali ia tampak menyapa warga sambil membagikan pin dan kaos bertuliskan nomor 1 ‘RIDO’.

Tak lupa, Ridwan Kamil juga meminta warga tersebut mencoblosnya saat Pilkada Jakarta 2024 dilangsungkan pada 27 November mendatang.

“Jangan lupa nomor satu ya bu,” kata Ridwan Kamil kepada warga tersebut, Selasa (8/10/2024).

Beberapa warga yang tengah asyik duduk di depan rumah mereka pun sempat kebingungan dengan hadirnya segerombolan orang yang menghampiri mereka.

Namun, ketika sadar yang datang merupakan Ridwan Kamil, warga tersebut langsung buru-buru mengeluarkan ponselnya untuk mengajak mantan Wali Kota Bandung itu selfie.

“Pak RK, foto dulu dong pak,” kata mereka.

Saat blusukan ini, Ridwan Kamil juga menyempatkan diri berdialog dengan beberapa orang penduduk sekitar untuk menyerap aspirasi warga.

Ia pun terus melanjutkan perjalanannya untuk melihat tanggul laut yang ada di Kampung Luar Batang.

Saat semakin dekat dengan tanggul, jalanan yang disusuri Ridwan Kamil tampak mulai becek.

Politikus Golkar yang akrab disapa Kang Emil ini pun terlihat menaiki beberapa anak tangga untuk melihat lebih jelas tanggul laut tersebut.

Ia pun tampak menyimak penjelasan yang diberikan oleh salah satu tokoh masyarakat yang menemaninya.

Saat tengah menyusuri tanggul tersebut, cagub nomor urut 1 ini terlihat sempat kehilangan keseimbangan, namun tak sampai jatuh.

Usai puas blusukan, Ridwan Kamil kemudian mengunjungi posyandu yang tengah ramai oleh ibu-ibu dan anak-anak.

Ia pun sempat terlihat memberikan coklat kepada mereka yang ada di posyandu tersebut.

Saat berada di posyandu itu, Ridwan Kamil tiba-tiba dilabrak oleh seorang emak-emak yang mengaku bernama Rostina (50).

Warga Rusun Muara Baru ini mengingatkan Ridwan Kamil untuk tidak hanya tebar janji saat kampanye Pilkada Jakarta 2024.

Rostina pun minta komitmen Ridwan Kamil untuk melaksanakan janji-janji itu bila terpilih sebagai Gubernur Jakarta.

“Saya inginnya setelah bapak terpilih sebagai gubernur, jangan cuma janji di saat kampanye doang. Saya minta sebagai warga Kelurahan Penjaringan, memohon dengan hormat, semua visi misi pak gubernur setelah nanti terpilih tolong jangan ada yang dilewatkan,” ucapnya.

Ia pun mengaku sudah muak dengan janji-janji manis caleg maupun calon pemimpin yang kerap menemui mereka saat masa kampanye.

Janji manis itu pun acap kali menjadi pepesan kosong lantaran tak pernah direalisasikan meski mereka sudah duduk manis di kursi terhormat.

“Di Muara Baru, Penjaringan ini terlalu banyak masalah. Kalau tiba saat pemilihan caleg atau presiden atau gubernur itu semuanya janji,” ujarnya.

“Ada yang turun ke lapangan katanya setelah terpilih mau diberesin, tapi setelah terpilih lima tahun enggak pernah diselesaikan,” sambungnya.

Oleh karena itu, ia minta komitmen Ridwan Kamil untuk menuntaskan semua janji-janji yang disampaikannya kepada masyarakat.

“Ini bukan hanya janji sama kami, warga Kelurahan Penjaringan, tapi juga berjanji kepada Allah, karena ada Allah yang mendengar janji-janji pak Ridwan Kamil,” tuturnya.

Terkait hal ini, Ridwan Kamil menegaskan bahwa pihaknya tak hanya ingin tebar janji kepada warga Jakarta.

Ia bahkan menyebut, hampir semua program yang ditawarkannya kepada warga Jakarta ini sudah berhasil direalisasikan saat diri menjabat sebagai Wali Kota Bandung maupun Gubernur Jawa Barat.

“Kami sudah berpengalaman bu, kami bukan datang dari nol, bukan juga mengumbar janji. Bisa dicek, hampir semua (program) sudah saya kerjakan di tempat sebelumnya,” kata Ridwan Kamil.

Ia pun memamerkan capaiannya selama 10 tahun menjadi kepala daerah dengan tingkat kepuasan masyarakat yang cukup tinggi.

“Saya sudah diberi gambaran selama lima tahun menjadi Wali Kota Bandung, husnul khotimah. Lanjut dipercaya mengurusi 50 juta warga Jawa Barat, lima tahun husnul khotimah, tuntas,” ucapnya.

“Kepuasan surveinya 90 persen, ini menandakan kerja-kerja saya terasa oleh masyarakat,” sambungnya.

Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

Leave a comment