Informasi Terpercaya Masa Kini

Permintaan Pep Guardiola untuk Man City Ditolak Premier League

0 2

KOMPAS.com – Pelatih Man City, Pep Guardiola, meminta penundaan untuk dua laga pertama timnya di Liga Inggris musim depan. 

Keinginan pelatih dengan nama panjang Josep Guardiola i Sala tersebut tak mendapatkan respons positif dari Premier League, selaku operator kompetisi Liga Inggris.

“Premier League tidak mengizinkan kami menunda dua pertandingan pertama untuk pemulihan. Terima kasih banyak,” kata Guardiola dilansir dari BBC.

“Saya pikir klub meminta liga untuk menunda satu atau dua, atau tiga pekan agar kami bisa berlibur setelah Piala Dunia Klub, tetapi itu sama sekali tidak diperbolehkan. Premier League mengizinkan kami? Tidak. Sama sekali tidak.”

Baca juga: Jadwal Liga Inggris Hari Ini: Liverpool Vs Crystal Palace, Arsenal dan Man City

Dasar Guardiola untuk meminta Premier League menunda laga-laga awal Man City di Liga Inggris musim depan adalah keikutsertaan tim dalam ajang Piala Dunia Klub.

Piala Dunia Klub atau FIFA Club World Cup merupakan kompetisi yang awalnya diadakan setahun sekali. Namun, ajang ini menerapkan format baru dan akan digelar saban 4 tahun sekali mulai 2025 ini.

Man City ikut serta menjadi salah satu dari 32 klub yang berpartisipasi di kompetisi yang akan bergulir pada 13 Juli 2025 mendatang.

Karena itu, City asuhan Guardiola hanya memiliki jarak sekitar 4-5 minggu hingga musim baru Liga Inggris 2025-2026.

Sebanyak tiga pekan dari rentang itu akan digunakan sebagai periode pemulihan para pemain. Artinya, dalam skenario terburuk, City berpotensi hanya akan punya waktu bersiap selama sepekan untuk menyongsong musim 2025-2026.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Ini, Aston Villa Vs Man United

“Mereka tidak akan menunda pertandingan-pertandingan ini sehingga akan ada momen ‘Apa yang harus kami lakukan?’,” ujar Guardiola.

“Saya tidak punya jawaban sekarang, tetapi kami akan mengambil keputusan dengan akal sehat.”

Sejauh ini, Premier League belum mengumumkan jadwal untuk musim kompetisi 2025-2026.

Andai mengacu kepada musim-musim sebelumnya, liga biasanya akan dimulai pada 9 Agustus atau 16 Agustus. Sepekan sebelum liga bergulir, ada ajang pembuka tirai yakni Community Shield.

Guardiola dikabarkan telah berdiskusi secara informal dengan petinggi Premier League mengenai permintaan penundaan laga awal Man City di liga musim depan.

Baca juga: Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris: Liverpool Pemuncak, Chelsea ke Empat Besar

Sebelumnya, Man City pernah diizinkan memulai kompetisi 2020-2021 seminggu lebih lambat daripada tim lainnya usai menjalani musim 2019-2020 yang harus memanjang karena dampak pandemi Covid-19.

Man City kala itu terlibat dalam babak gugur Liga Champions 2019-2020 yang dipusatkan di Portugal. Rival City, Man United, waktu itu juga mentas dalam fase knockout Liga Europa 2019-2020 sehingga mendapatkan dispensasi serupa.

Lantaran komitmen di ajang Eropa, kedua klub tersebut pun sama-sama tidak bisa menyelesaikan musim 2019-20 hingga tanggal 15 dan 16 Agustus, alias empat minggu jelang laga pertama musim 2020-2021.

Leave a comment