Informasi Terpercaya Masa Kini

Megahnya Masjid At-Taqwa Kutacane,Indahnya Mencolok Pandang

0 2

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE – Masjid Agung At-Taqwa Kutacane terletak di tengah Kota Kutacane, Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara.

Masjid megah ini didesain tahan dengan gempa hingga kekuatan 8,0 Skala Richter (SR). Megah dilihat dari luar, dan indah di bagian dalam karena dihiasi ukiran kaligrafi yang didominasi waarga kekuningan.

Wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Aceh Tenggara, rasanya tak lengkap jika belum menginjakkan kaki ke Masjid Agung At Taqwa Kutacane ini.

Masjid yang menjadi ikon Kabupaten Aceh Tenggara ini hanya berjarak sekitar 35 kilometer dari titik perbatasan Aceh dan Sumetara Utara.

Masjid ini menjadi objek wisata religi, juga sering menjadi pilihan bagi calon pengantin sebagai tempat melaksanakan ijab kabul.

Masjid At-Taqwa Kutacane mencolok pandang, karena dikemas dalam corak khas adat Alas Gayo. Suatu dekor warna yang kemungkinan besar tak dimiliki masjid lain di Provinsi Aceh.

Tahukah Anda berapa rupiah yang digelontorkan untuk membangun masjid ini? Angkanya hampir menyentuh Rp 73 miliar, persisinya Rp 72.968.900.000.

Selain bangunan yang kokoh, masjid ini juga dilengkapi dengan sound system 10.000 watt, internet, lampu-lampu luar dan dalam mesjid, aneka kaligrafi, air mancur, lampu hias dalam bentuk-bentuk bunga, empat menara, lima kubah utama dan 15 kubah pendamping.

Lantai dalam masjid laxmi red granite, sementara black gold granite untuk lantai luar. Ukiran dan hiasan menggunakan bahan GRC dan kayu jati. 

Di bagian taman masjid juga ada air mancur dilengkapi aneka lampu hias.

Benar-benar pemandangan yang indah dan menawan, apalagi melihatnya pada malam hari.

Jika dilihat siang hari, masjid berkapasitas 4.000 jamaah dalam dan 2.000 jamaah di luar, menebarkan warna tajam etnik khas Alas Gayo dari dinding dan kubah-kubahnya, apalagi dilatari langit cerah berawan “perak” berarak.

Banyak fasilitas Masjid At Taqwa, ada kantor Unit Pelaksana Teknis Ddinas (UPTD), rumah imam besar, kamar mandi, tempat wudhu dan toilet yang sangat bagus.

Halaman parkir untuk 100 mobil dan 250 sepeda motor, perpustakaan masjid yang dilengkapi buku-buku Islam/ilmu pengetahuan lainnya, taman lapangan Ahmad Yani yang terintegrasi dengan jalan dan halaman masjid.

Siapakah disainernya?

Dialah mantan Bupati Aceh Tenggara, almarhum H Hasanuddin Beruh.

Pembangunan masjid itu dimulai 2009. Realisasinya berlangsung enam tahun berturut-turut dengan dana daerah dan provinsi.

Masjid ini selesai dan diresmikan 8 April 2016 oleh Ketua DPR RI, Dr H Ade Komaruddin MH.

Hasanuddin kala itu beraharap, Masjid Agung At-Taqwa Kutacane dengan luas bangunan 2.675 meter dan luas lahan 12.230 M2, menjadi jadi ikon hegemoni umat Islam di Agara.

Salah satu komitmen paling besar Hasanuddin B sebagai bupati bersama wakilnya Ali Basrah, adalah penegakan syariat Islam.

Banyak nama yang tersurat dalam pembangunan At Taqwa. Antara lain Ali Basrah Spd MM (mantan Wakil Bupati Agara, sebagai pengarah), Gani Suhud MAP (Sekda Agara, sebagai pengarah), Irwandi Desky SP (pengarah), Ramadhan ST MM (ketua).

Selanjutnya, Syukur Karo-Karo SE MSi Ak (bendahara), Sujarno ST (koordinator lapangan dan logistik), Hendra Syahputra ST (Koordinator tenaga kerja) M Ridwan ST (koordinator seksi peralatan), Lori Enata ST (koordinator seksi quality), Selamat Sejahtera ST (koordinator seksi quality), Suherman (anggota seksi quality).

Faisal Abrar ST (anggota seksi quality), Fariz Hamzah ST, Muhammad Zulkadri Spd, M Yahya, Jhon Apstrong Pratama (anggota seksi logistik).

Seorang wisatawan lokal, Nurul, Warga Aceh Tenggara mengatakan Masjid Agung At Taqwa Kutacane cukup indah dan lokasi ini.

Setiap hari Minggu ramai pengunjung yang membawa anak-anaknya, sebab di sini juga tersedia aneka jajanan dan makanan ringan untuk anak-anak dan orang dewasa.(*)

CEK ARTIKEL LAINNYA TENTANG WISATA ACEH DI SINI

BACA BERITA SERAMBI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Leave a comment