Informasi Terpercaya Masa Kini

UPDATE Badai Helene: 200 Orang Meninggal, 600 Orang Hilang, Jutaan Lainnya Hidup Tanpa Listrik

0 2

KOMPAS.com – Jumlah korban tewas akibat Badai Helene di Amerika Serikat mencapai 200 orang, dua kali lipat dari yang dilaporkan para pejabat sebelumnya.

Badai Helene adalah badai kategori 4 yang menyebabkan banjir terburuk dalam beberapa dekade terakhir, yang menyapu rumah, mobil, dan menelan banyak korban di bagian tenggara AS.

Ratusan orang masih hilang dan lebih dari satu juta orang masih hidup tanpa listrik, seminggu setelah badai tersebut menerjang pada Kamis (26/9/2024).

Saat ini, operasi pencarian dan penyelamatan besar-besaran masih berlangsung, dikutip dari Aljazeera, Kamis (3/10/2024).

Baca juga: Gurun Sahara Dilanda Hujan Lebat yang Bisa Kacaukan Musim Badai Tahun Ini, Apa Penyebabnya?

Diperkirakan ada 600 orang yang hilang

Seorang pejabat senior mengatakan, badai tersebut mungkin bisa menyebabkan lebih banyak korban jiwa.

“Data yang kami miliki saat ini, bahwa sepertinya ada sekitar 600 nyawa yang hilang atau belum ditemukan,” kata Penasihat Keamanan Dalam Negeri Gedung Putih, Liz Sherwood-Randall

Meski demikian, pemerintah belum  memiliki konfirmasi tentang hal itu.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden menggambarkan dampak badai tersebut sebagai hal yang mengerikan.

Biden berjanji bahwa pemerintahannya akan terus mengerahkan sumber daya, termasuk makanan, air, komunikasi, dan peralatan untuk menyelamatkan nyawa.

“Kami akan berada di sana bersama Anda selama yang diperlukan,” kata Biden, dikutip dari Aljazeera, Senin (30/9/2024).

Ia juga mengunjungi North Carolina, salah satu negara bagian yang terkena dampak paling parah akibat badai Helena.

Sementara Wakil Presiden AS, Kamala Harris mengunjungi kota Augusta di Georgia, di mana kabel listrik membentang di sepanjang trotoar dan tiang listrik retak dan rusak.

Operasi penyelamatan, pemulihan, dan pembersihan juga terus berlanjut di seluruh wilayah yang terkena dampak badai di Florida, Georgia, Carolina Selatan, dan Tennessee.

Kerusakan yang paling parah disebabkan oleh banjir dan hujan lebat badai yang menghancurkan jalan dan infrastruktur di seluruh wilayah tersebut.

Baca juga: Mengenal Badai Tropis Gaemi yang Terjang Filipina, Belasan Orang Meninggal

Leave a comment