Informasi Terpercaya Masa Kini

Profil Marissa Haque, Artis Era 1980-an yang Meninggal di Usia 61 Tahun, Sempat Maju Pilkada Banten 2006

0 2

KOMPAS.com – Artis Marissa Haque meninggal dunia di usia 61 tahun pada Rabu (2/10/202$0 dini hari.

“Telah berpulang dengan tenang ke rahmatullah, Marissa Grace binti Haque,” kata sang putri, Chiki Fawzi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Marissa Haque adalah seorang artis legendaris era 1980-an sekaligus istri dari aktor Indonesia, Ikang Fawzi.

Tidak hanya di kancah dunia peran, Marissa juga sempat terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Lantas, seperti apa profil Marissa Haque?

Baca juga: Marissa Haque, Istri Ikang Fawzi, Meninggal Dunia

Profil Marissa Haque

Marissa Grace Haque atau kerap ditulis Marissa Haque-Fawzi lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 15 Oktober 1962.

Dilansir dari laman Universitas Trisakti, dia lahir dari pasangan Allen Haque, pria keturunan India-Belanda-Perancis, dengan R.Ay Mieke Soeharijah, perempuan asal Jawa-Madura.

Anak sulung dari tiga bersaudara ini menjalani masa kecil berpindah-pindah lantaran mengikuti ayahnya yang bekerja di PT Pertamina.

Dari TK dan SD di Palembang, Sumatera Selatan, Marissa pindah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan dasarnya di SD Tebet Timur Pagi III.

Dia kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Negeri 73, Tebet, Jakarta, serta sekolah menengah atas di SMA Negeri 8, Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Baca juga: Marissa Haque Ingin Dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Chiki Fawzi Minta Bantuan Netizen

Lulus sekolah menengah atas, Marissa melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta untuk meraih gelar Sarjana Hukum.

Selesai menjadi sarjana, Marissa Haque terus menuntut ilmu di berbagai bidang studi magister.

Dia meraih gelar Magister Manajemen dari jurusan Human Resource and Organizations (HRO), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Meski tidak sampai selesai, Marissa sempat mencicipi berkuliah di Ohio University, Athens, Amerika Serikat jurusan Film.

Artis peran Tanah Air ini pun tercatat masuk ke jurusan Television dan Space Communications/Satellite dari universitas yang sama.

Marissa Grace Haque kemudian kembali melanjutkan pendidikan doktor atau S3 di jurusan Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan Hidup (PSL) IPB University.

Baca juga: Pendiri Marvell Technology, Sehat Sutardja, Meninggal Dunia

Karier Marissa Haque di dunia hiburan

Marissa Haque memulai karier sebagai seorang film. Sepanjang hidupnya, dia telah membintangi berbagai film layar lebar pada era 1980-an.

Beberapa di antaranya, drama romantis bertajuk Tinggal Landas Buat Kekasih (1984) dan Biarkan Bulan Itu (1986).

Akting yang mengesankan di kedua film tersebut mengantar Marissa masuk nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia.

Dia bahkan memenangkan kategori “Aktris Pendukung Terbaik” pada 1985 untuk perannya di film Tinggal Landas Buat Kekasih.

Tidak hanya penghargaan, film yang sama turut membawa Marissa Haque bertemu dengan Ikang Fawzi.

Marissa menikah dengan Ikang Fawzi pada 3 Juli 1986, serta telah dikaruniai dua anak perempuan, Isabella Muliawati Fawzi dan Marsha Chikita Fawzi.

Kariernya yang cemerlang di industri hiburan tak menyurutkan niat Marissa Haque untuk terjun ke bidang lain seperti politik.

Marissa, yang juga dikenal sebagai produser, sutradara, editor, dan penulis, beralih ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Baca juga: Syuting di Lokasi Terlarang, Influencer China Tenggelam dan Meninggal Dunia

Marissa Haque terjun ke politik

Dilansir dari buku Profil dan Program Anggota DPR-RI 2004-2009, Marissa terpilih sebagai wakil rakyat dari fraksi PDI-P asal Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II.

Saat itu, dia mengatakan, sosok artis yang berkiprah sebagai politisi juga tetap mampu menjadi magnet yang berdaya tarik kuat serta menjadi corong aspirasi rakyat.

“Kontribusi dan peran apa yang akan diberikan para artis atau selebriti ini kita lihat saja pada perkembangannya di masa yang akan datang,” kata Marissa.

Kehadiran para artis yang biasanya dekat dengan rasa kemanusiaan dan dipenuhi oleh empati, katanya, akan memperkuat nilai, semangat, dan warna kemanusiaan ke dalam politik Indonesia.

“Dan inilah demokrasi, siapa pun berhak aktif dalam politik. Lagi pula semua itu akan serba terbuka dan transparan untuk diikuti dan dikontrol,” tuturnya.

Baca juga: Permintaan Terakhir Marissa Haque Sebelum Meninggal Dunia

Marissa dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009. Namun, dia maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2006 sebagai wakil gubernur mendampingi Zulkieflimansyah.

Diberitakan Antara, Senin (28/8/2006), pasangan Zulhaq ini diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Syarikat Islam (PSI) pada Agustus 2006.

Akibat pencalonannya di pilkada. dia pun dikeluarkan dari DPR RI. Marissa sempat mengungkap, dia diminta mundur oleh Sekretaris Jenderal PDI-P saat itu Pramono Anung.

PDI-P sendiri mengusung pasangan Ratu Atut Chosiyah dan Mohammad Masduki yang kemudian memenangkan Pilkada Banten 2006.

Setelah karier politiknya di PDI-P, Marissa memutuskan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 2007.

Pada 2012, Marissa Grace Haque kemudian bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Leave a comment