Informasi Terpercaya Masa Kini

Presiden Jokowi Sempat Berdoa di Depan Sumur Lubang Buaya saat Hari Kesaktian Pancasila

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berdoa di depan sumur Lubang Buaya, selepas upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2024).

Momen itu terjadi ketika Jokowi yang didampingi sejumlah menteri dan Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau Monumen Pancasila Sakti dan sumur Lubang Buaya.

Mulanya, Jokowi berjalan ke arah Sumur Lubang Buaya dengan berbincang bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, setelah sebelumnya berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo dan Puan Maharani.

Dilihat dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, setibanya di sumur Lubang Buaya, Jokowi menaiki beberapa anak tangga untuk melihat lebih jelas sumur tersebut.

Baca juga: Didampingi Prabowo, Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Setibanya di sana, ia terlihat berdiam sejenak di depan sumur, sementara Airlangga melipir menjauh ke sisi kanan. Adapun menteri-menteri lainnya berada tepat di belakang Jokowi.

Setelah beberapa saat, Kepala Negara lantas mengangkat kedua tangan untuk berdoa. Ia sempat memejamkan mata dan sedikit menundukkan kepala saat berdoa.

Saat itu, lagu Gugur Bunga berkumandang menghiasi suasana haru.

Sejumlah menteri bergantian melihat sumur tersebut termasuk Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. Setelah itu, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono terlihat memberikan hormat kepada sumur itu.

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri bergantian meninggalkan monumen untuk menyudahi rangkaian kegiatan di Hari Kesaktian Pancasila. Di sana, ia tampak berbincang kembali bersama Puan Maharani dan Prabowo Subianto.

Baca juga: Asal-usul Nama Lubang Buaya dan Alasan Jadi Tempat Pembuangan Korban G30S

Adapun dalam Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi memimpin upacara peringatan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2024).

Ia didampingi oleh Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Dalam upacara, terdapat pembacaan Pancasila hingga ikrar.

Pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Sementara pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Kemudian pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Selesai upacara, Jokowi beserta rombongan terbatas melakukan peninjauan ke Monumen Pancasila Sakti dan berdoa di depan sumur Lubang Buaya.

Leave a comment