Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit Setiap Hari

0 2

KOMPAS.com – Jahe dan kunyit adalah rempah-rempah yang populer dan sering dijadikan sebagai bumbu masakan di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Selain untuk bumbu masakan, jahe dan kunyit juga banyak digunakan sebagai minuman herbal untuk mengatasi beberapa kondisi penyakit dan menghangatkan tubuh.

Dilansir dari Healthline, baik jahe ataupun kunyit, keduanya secara alami mengandung antioksidan dan nutrisi yang sering kali digunakan untuk membantu meringankan rasa sakit, mual, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Adapun untuk mendapatkan hasil maksimal, beberapa orang mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit setiap hari.

Namun, apakah hal tersebut bermanfaat atau justru dapat memberikan efek samping pada tubuh?

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Jahe

Apa yang terjadi jika minum air rebusan jahe dan kunyit setiap hari?

Meskipun bukti-bukti terbatas pada efek jahe dan kunyit ketika digunakan bersama-sama, penelitian menunjukkan bahwa keduanya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan penyakit.

Berikut beberapa manfaat minum air rebusan jahe dan kunyit setiap hari:

1. Risiko peradangan turun

Peradangan kronis dianggap memiliki peran besar dalam perkembangan kondisi seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Selain itu, hal tersebut juga dapat memperburuk gejala yang terkait dengan kondisi autoimun, seperti rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus.

Adapun, baik jahe maupun kunyit, keduanya mengandung senyawa antiinflamasi yang kuat, seperti gingerol pada jahe dan kurkumin pada kunyit, dilansir dari Times of India.

Satu studi pada 120 orang dengan osteoartritis menemukan bahwa rutin mengonsumsi 1 gram ekstrak jahe per hari selama 3 bulan dapat secara efektif mengurangi peradangan.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa konsumsi jahe secara rutin dapat menurunkan kadar oksida nitrat, sebuah molekul yang memainkan peran kunci dalam proses peradangan.

Sementara itu, penelitian pada tabung reaksi dan manusia menunjukkan, ekstrak kunyit dapat mengurangi beberapa penanda peradangan, dengan beberapa penelitian mencatat bahwa hal itu mungkin seefektif obat antiinflamasi seperti ibuprofen dan aspirin.

Mengonsumsi rempah-rempah ini di pagi hari dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh, berpotensi mengurangi ketidaknyamanan akibat kondisi seperti radang sendi dan mendukung kesehatan sendi secara keseluruhan.

Baca juga: 4 Obat Ini Tak Boleh Diminum Bersama Jahe, Ada Hipertensi dan Diabetes

2. Rasa sakit pada sendi berkurang

Baik jahe maupun kunyit telah diteliti kemampuannya untuk meredakan nyeri kronis, dikutip dari Healthline.

Studi menunjukkan, kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit, sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi.

Sebuah tinjauan terhadap 8 penelitian menemukan, mengonsumsi 1.000 mg kurkumin sama efektifnya dalam mengurangi nyeri sendi seperti obat nyeri tertentu pada penderita radang sendi.

Sementara itu, jahe juga telah terbukti untuk mengatasi rasa sakit kronis terkait dengan radang sendi, bersama dengan beberapa kondisi lainnya.

Sebagai contoh, satu studi 5 hari pada 120 wanita mencatat bahwa mengonsumsi 500 mg bubuk akar jahe 3 kali sehari mengurangi intensitas dan durasi nyeri haid.

3. Tubuh lebih sehat

Beberapa penelitian menunjukkan, jahe mungkin memiliki sifat peningkat kekebalan tubuh yang kuat, sehingga dapat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

Satu penelitian tabung reaksi menunjukkan, jahe segar efektif melawan human respiratory syncytial virus (HRSV), yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Demikian pula, penelitian pada hewan dan tabung reaksi telah menunjukkan bahwa kurkumin memiliki sifat anti-virus dan dapat membantu mengurangi tingkat keparahan virus influenza A.

Baik kunyit dan jahe juga dapat menurunkan tingkat peradangan, yang dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: Manfaat Air Jahe, Lemon, dan Cengkih untuk Menurunkan Berat Badan

4. Pencernaan lebih sehat

Jahe secara tradisional digunakan untuk membantu pencernaan dengan meningkatkan sekresi enzim pencernaan dan mengurangi rasa mual, dikutip dari Times of India.

Sementara itu, kunyit juga dapat mendukung kesehatan pencernaan dengan menenangkan saluran pencernaan.

Minum minuman yang terbuat dari air rebusan jahe dan kunyit dapat membantu merangsang pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan perut.

Namun, jika minuman ini dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menyebabkan efek samping pada pencernaan.

5. Kesehatan jantung terjaga

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari konsumsi jahe dan kunyit setiap hari yakni dapat menjaga kesehatan jantung.

Sebab, jahe dan kunyit dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah.

Jahe membantu melebarkan pembuluh darah, sedangkan kunyit mendukung kesehatan jantung dengan berpotensi menurunkan kadar kolesterol.

Minuman kunyit jahe di pagi hari dapat membantu meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Teh Setelah Makan?

6. Ada potensi pendarahan

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun terlalu banyak mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit juga dapat memicu pendarahan.

Sebab, kunyit memiliki sifat “pemurnian” yang dapat memicu seseorang lebih mudah mengalami pendarahan.

Namun demikian, masih belum diketahui secara pasti zat apa yang menjadi penyebab efek samping kunyit tersebut.

Dikutip dari Kompas.com (26/3/2024), manfaat kunyit untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah kemungkinan berhubungan dengan fungsinya dalam aliran darah.

Sedangkan, jahe dapat menghambat zat bernama tromboksan yang diproduksi trombosit untuk pembekuan darah.

Pembentukan tromboksan sangat dibutuhkan tubuh, terlebih jika mengalami luka agar tidak mengalami pendarahan.

Adapun, dengan terhambatnya produksi zat ini, darah yang mengalir akibat luka mungkin tidak segera membeku, sehingga berpotensi terjadi pendarahan.

Leave a comment