Informasi Terpercaya Masa Kini

3 Riwayat Penyakit Maggie Smith, Pemeran Profesor McGonagall Sebelum Meninggal

0 2

KOMPAS.com – Aktris Dame Maggie Smith, pemeran tokoh Profesor Minerva McGonagall dalam “Harry Potter” meninggal dunia di usia 89 tahun, pada Jumat (27/9/2024).

Kabar duka tersebut disampaikan oleh kedua putranya, Chris Larkin dan Toby Stephens.

“Dia meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September,” ujar keduanya, dilansir dari USA Today (27/9/2024).

Kedua putra Smith menambahkan, sang ibu menghembuskan napas terakhir dengan damai dan dikelilingi oleh keluarga dan sahabat.

Namun, mereka enggan mengungkapkan penyebab kematian Smith. Meski begitu, selama ini Maggie Smith diketahui memiliki beberapa riwayat penyakit.

MBaca juga: Karakter Dobby di Film Harry Potter Disebut Mirip Putin, Pengacara Sempat Berniat Gugat Warner Bros

Riwayat penyakit Maggie Smith

Selama ini, Smith dikenal terbuka kepada media mengenai kondisi kesehatannya. Berikut sejumlah penyakit yang pernah dia ungkapkan.

1. Penyakit Graves

Saat Smith tengah bermain peran dalam drama “Lettice and Lovage” pada tahun 1998, dia didiagnosis menderita penyakit Graves, tulis Today (28/9/204)

Graves adalah penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tioroid dan menyebabkan hipertiroidisme atau kelebihan produksi hormon tiroid.

Orang yang menderita penyakit Graves, memiliki gejala mudah marah, gemetar, jantung berdebar, warna kulit dan bentuk mata berubah. 

Menurut laporan The New York Times tahun 1990, sejumlah gejala itu terlihat  pada Smith saat usianya 54 tahun.

“Obat-obatan dan tekad yang kuat membuatnya mampu menyelesaikan kontraknya selama setahun, tetapi kerusakan wajah yang diakibatkannya, seperti penonjolan bola mata dan bengkak di sekitar mata, tidak kunjung membaik,” tulis The New York Times.

Diagnosis tersebut muncul setelah Smith mengalami patah lengan dan patah tulang bahu, karena jatuh dari sepeda pada November 1988 saat sedang melakukan perjalanan ke Kepulauan Virgin, Inggris.

Setelah menyelesaikan drama itu, Smith memutuskan mengisolasi diri selama satu tahun untuk menjalani operasi memperbaiki bentuk dan pembengkakan di sekitar matanya, serta rehabilitasi lengan.

Baca juga: 20 Kutipan Inspiratif Harry Potter, Bisa Dibagikan di Media Sosial

2. Kanker payudara

Dokter mendiagnosis Smith menderita kanker payudara di tengah kesibukannya membintangi film Harry Potter keenam berjudul, “Harry Potter and the Half-Blood Prince”.

Smith mengaku, terdapat benjolan yang muncul pada payudaranya yang dia anggap merupakan kanker jinak.

“Saya tidak mengira itu sesuatu yang serius, karena beberapa tahun yang lalu saya merasakan benjolan dan itu jinak. Saya pikir kali ini juga begitu,” kata Smith dalam wawancaranya dengan The Times pada 2009.

Selama dua  tahun, Smith menjalani pengobatan, termasuk kemoterapi dan radiasi.

Menurutnya, pengobatan itu “mengerikan” dan lebih buruk daripada saat mendengar terdiagnosis kanker.

“Sangat sakit. Aku berpegangan pada pagar sambil berpikir, ‘Aku tidak bisa melakukan ini’,” tambah Smith.

Namun, kegigihannya terbayarkan, karena setelah dua tahun menjalani perawatan, dia dinyatakan bersih dari sel kanker.

Baca juga: Leslie Phillips, Pengisi Suara Sorting Hat di Film Harry Potter, Meninggal Dunia

3. Glaukoma

Dikutip dari Daily Mail (27/9/2024), ketika menginjak usia 77 tahun, Smith diketahui menjadi anggota Asosiasi Glaukoma Internasional, yang sekarang dikenal sebagai Glaukoma UK.

Meski tidak menyebutkan kapan pastinya dia didiagnosa glaukoma, tetapi Smith mengonfirmasi bahwa penglihatannya terganggu dalam sebuah wawancara dengan The Telegraph tahun 2016.

Glaukoma sendiri adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan rusaknya saraf optik akibat penumpukan cairan pada sistem drainase mata.

Penyakit ini umumnya menyerang orang yang berusia tujuh puluh ke atas.

Beberapa gejala glaukoma, antara lain mata terasa nyeri, penglihatan kabur, dan hingga muntah.

Bila dibiarkan dan tidak segera ditangani, glaukoma dapat berbahaya, karena bisa menyebabkan kebutaan.

Baca juga: Mengenang Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid di Film Harry Potter

Leave a comment