Informasi Terpercaya Masa Kini

Pictures of Ghosts, Film Dokumenter tentang Kota yang Berubah

0 1

Sebuah kota terus berubah secara dinamis. Ada yang perkembangannya cepat, namun juga ada yang berlangsung perlahan-lahan. Tak sedikit malah kota yang mati dan malah kemudian ditinggalkan warganya. Kisah tentang perkembangan kota Recife di Brazil disampaikan dalam film berjudul Pictures of Ghosts. 

Meski judulnya bernuansa film horor, film ini bukan film tentang penampakan makhluk gaib secara fiktif, melainkan sebuah film dokumenter. Film ini merupakan cerita tentang kota masa kecil si penulis naskah maupun sutradara bernama Kleber Mendona Filho. Ia adalah seorang sutradara yang namanya melambung lewat filmnya yang berjudul Neighbouring Sounds dan Aquarius. 

Selama 93 menit penonton akan mendengar cerita yang dituturkan oleh Filho tentang rumah dan lingkungan tempat tinggalnya yang memberikan kesan mendalam dan begitu berpengaruh pada dirinya. Film ini sendiri tayang perdana di Cannes Film Festival 2023 dan menjadi perwakilan Brazil di ajang Oscar untuk Best International Feature Film tahun 2023

Dikisahkan kota Recife adalah kota kecil tak jauh dari pantai. Ibu dari Filho yang seorang sejarahwan tertarik membeli satu unit apartemen tiga kamar di kota ini setelah bercerai. Ia memboyong anak-anaknya ke apartemen tersebut. Ibunya sendiri suka bereksperimen terhadap rumah mereka, mengubah interior dan kebun mungil mereka. 

Lambat laun terjadi peristiwa demi peristiwa yang mengubah lingkungan mereka. Dari kematian anjing tetangga, maraknya kucing yang membuat ibu mereka membuat jaring di jendela, hingga terjadi pencurian sehingga rumah-rumah diberi pagar dan apartemen juga diberikan penjagaan. 

Filho sendiri kemudian tertarik mendalami perfilman. Ia menjadikan rumah dan lingkungan rumahnya menjadi lokasi syuting. Rumah-rumah tetangganya dilibatkan. Awalnya mereka heran mengapa Filho memilih lingkungan yang biasa saja untuk lokasi syuting. Tapi ternyata latar tempat tersebut menjadi nampak lebih nyata, adakalanya juga terasa melankolis dan puitis bergantung jenis film yang sedang diambil oleh Filho. 

Cerita bergeser ke pusat kota. Di sana ada bioskop-bioskop yang juga kemudian berubah. Ada yang kemudian dijadikan satu dengan mal, namun juga tak sedikit yang tutup. Fillho menceritakan sosok pria yang mengatur proyektor film dalam bioskop. Ia mengenang jasa-jasa berapa ramainya hari pertama pemutaran Terminator, hingga betapa senangnya ia dengan musik dalam film The Godfather. 

Tentang hantu, ia pernah tak sengaja memotret sosok hantu dalam rumahnya. Ia terkejut melihat respon tetangga dan orang yang dikenalnya agar ia segera memanggil ‘orang pintar’. Suara misterius berupa gonggongan anjing tetangganya yang telah meninggal juga membuatnya penasaran. 

Namun makna sesungguhnya dari judul dalam film ini adalah betapa berubahnya kota dan seisinya. Bangunan-bangunan klasik yang dulunya begitu bermakna bagi kehidupannya kemudian terbengkalai, kosong, seperti kapal yang hendak dibiarkan tenggelam, kata Filho.

Film ini tidak seperti film dokumenter pada umumnya. Tidak banyak narasumber yang diwawancarai. Format bertutur lebih ke gambar-gambar yang dikumpulkan dari berbagai media, dari gambar yang diambil oleh Filho dan tim filmnya sejak tahun 2017 hingga berbagai rekaman video pribadi milik Filho yang dikumpulkan keluarganya sejak kecil dan cuplikan-cuplikan behind the scene ketika Filho sedang merekam film. 

Oleh karena film dokumenter ini sebagian menggunakan rekaman pribadi, maka film dokumenter ini terasa intim dan personal. Pengambilan gambar yang diambil oleh Pedro Sotero juga terasa puitis dan melankolis. Gambar-gambar footage dan pengambilan gambar yang diambil oleh Sotero ini kemudian dirangkai indah oleh Matheus Farias, menghasilkan film dokumenter yang unik dan fresh. 

Pictures of Ghosts merupakan film dokumenter yang terasa intim dan personal. Film ini menggambarkan situasi kota kecil di Brazil dengan puitis dan melankolis.

Leave a comment