Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata Caleg Terpilih DPR Tia Rahmania soal Digantikan Kader Lain dari PDIP

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP mengganti calon legislatif (caleg) terpilih DPR Tia Rahmania karena sudah diberhentikan dari partai banteng. Lantas, apa komentar Tia?

Saat ditanya mengenai perihal tersebut, Tia mengaku baru mengetahui keputusan tersebut sehari kemudian atau Selasa, 24 September 2024.

“Saya juga baru mengetahui hal tersebut tepat tadi malam, 24 September 2024,” kata Tia kepada Tempo melalui aplikasi perpesanan pada Rabu sore, 25 September 2024.

Diwartakan sebelumnya, PDIP mengganti caleg terpilih DPR dari partainya dengan kader lain. Selain Tia, ada Rahmad Handoyo dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V.

Penggantian itu tertuang di dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum atau KPU Nomor 1368 Tahun 2024 tentang Perubahan Keempat Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1206 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

“Menetapkan perubahan penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu Tahun 2024 terhadap PDIP Dapil Jawa Tengah V dan Banten I,” demikian bunyi keputusan yang diteken oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin pada Senin, 23 September 2024.

Rahmad dan Tia digantikan sebagai caleg terpilih DPR periode 2024-2029 karena sudah diberhentikan oleh PDIP. Padahal, pelantikan anggota DPR akan dilangsungkan sepekan setelah keputusan ini dikeluarkan, tepatnya pada 1 Oktober 2024.

Sebelumnya, Rahmad memenangkan kursi DPR setelah meraup 76.414 suara sah di Dapilnya. Dia melaju dengan nomor urut 4 dalam daftar calon tetap atau DCT. Rahmad menjadi satu dari tiga kader PDIP yang lolos dari Dapil Jateng V, bersama Puan Maharani dan Adik Sasongko.

Namun, posisinya sebagai caleg terpilih digantikan dengan Didik Haryadi. Sebelumnya, Didik tak sampai lolos ke Senayan karena meraup suara sah sebanyak 74.750 saja.

“Rahmad Handoyo tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR karena yang bersangkutan diberhentikan dari anggota partai,” tulis KPU.

Sementara itu, Tia diganti dengan Bonnie Triyana. Padahal, sebelumnya dia mendulang 37.359 suara yang sah. Dia berada di peringkat teratas untuk perolehan suara terbanyak bagi PDIP.

Tia menjadi satu-satunya kader PDIP yang mendapatkan kursi di Dapil Banten I. Di sisi lain, Bonnie gagal menjadi anggota DPR karena perolehan suaranya hanya 36.516.

Alasan penggantian Tia pun sama dengan musabab yang menyandung Rahmad. “Tia Rahmania tidak lagi memenuhi syarat menjadi anggota DPR karena yang bersangkutan diberhentikan dari anggota partai.”

Pilihan Editor: Sepekan Menjelang Pelantikan, Dua Caleg Terpilih PDIP Diganti

Leave a comment