Informasi Terpercaya Masa Kini

Potret Rumah Baru Maruf Amin di Depok Jawa Barat,Rumahnya Memiliki Luas 2 Kali Lapangan Sepak Bola

0 2

TRIBUNMANADO.CO.ID – KH Maruf Amin merasa bersyukur sekaligus bahagia mendapatkan rumah dari negara setelah dirinya tak lagi menjabat Wakil Presiden RI.

Ma’ruf Amin sendiri telah memilih rumah tersebut dibangun dari awal di lahan seluas dua kali lapangan sepak bola di Jalan Raya Tapos, RT 002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depo, Jawa Barat.

Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi menjelaskan, lokasi rumah pemberian negara di Tapos, Depok, Jawa Barat itu merupakan pilihan Ma’ruf Amin sendiri.

Masduki menuturkan, lokasi rumah tersebut memang tidak jauh dari rumah pribadi milik Ibu Wakil Presiden, Wury Estu Handayani, dan kediaman orang tua Ma’ruf Amin.

Berdasarkan perhitungan melalui aplikasi Google Maps, hanya berjarak 1 kilometer.

Sama seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi), sang Wakil Presiden KH Maruf Amin, juga mendapat jatah rumah baru yang megah.

Jika Jokowi memilih rumah baru di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dengan luas 12.000 meter persegi, maka Maruf Amin menjatuhkan pilihan di Jalan Raya Tapos, RT 002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat.

Sama seperti rumah baru Jokowi, rumah Maruf Amin hampir rampung, mengingat per 20 Oktober 2024 akan pensiun.

Lalu, berapa luas rumah baru Maruf Amin? Ini yang belum terkonfirmasi.

Berdasarkan ulasan Tribunnews.com, rumah baru Maruf Amin memiliki luas dua kali lapangan sepak bola.

Luas lapangan sepak bola sendiri 7.140 meter persegi, jika dua kali lipat berarti sekitar 14.000 meter persegi.

Berarti rumah baru Maruf Amin lebih luas dari jatah Jokowi.

Untuk soal rumah baru mantan presiden dan wakil presiden, publik tak perlu iri sebab semua sudah diatur.

Hal itu diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pantauan Tribunnews, Senin (16/9/2024), proses pembangunan rumah untuk Maruf Amin itu hampir selesai. 

Meski rumah negara untuk Maruf Amin masih dalam tahap pembangunan, kompleks rumahnya telah dijaga ketat anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Ketua RT setempat, Ibe mengatakan, sebelum dibeli negara untuk dijadikan calon kediaman Maruf Amin, lahan itu merupakan milik pribadi. 

Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut pemilik sebelumnya dari lahan tersebut.

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti luas lahan itu. Meski demikian, katanya, dalam proses jual-beli lahan, Ketua RT setempat ikut andil sebagai saksi. 

Katanya, ada aturan khusus yang diamanatkan Paspampres kepadanya untuk disampaikan kepada para warga di RT 002/011. Di antaranya mengenai larangan menyulut petasan ataupun kembang api. 

“Mungkin takut mengganggu Abah (Maruf Amin) kali ya,” ucapnya.

Diketahui, Maruf Amin dengan nama lahir Maruf al-Karkhi bakal genap berusia 82 tahun pada 11 Maret 2025 nanti. 

Anak dari dari pasangan Kyai Haji Mohamad Amin dan Hajjah Maimoenah itu lahir di Desa Kresek, Tangerang, pada 11 Maret 1943.

Selain itu, Ibe menyebut, Maruf pernah memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada para warga, tepatnya saat Hari Raya Idul Fitri 2024.

Seorang warga setempat yang berprofesi sebagai pedagang mie ayam keliling, Nana, mengaku merasa terbantu dengan adanya pembagian sembako itu. 

Rumah kecil Nana berada persis di belakang kompleks calon kediaman Maruf Amin.

Nana mengungkapkan, sempat ada orang yang diduga perwakilan dari Maruf Amin, yang memintanya menginformasikan jika sewaktu-waktu ingin menjual lahan dan bangunan rumahnya.

Menjelaskan lebih lanjut hal itu, pria paruh baya itu memahami bahwa ada keinginan dari Maruf Amin untuk membeli tanah di sekitar rumahnya. 

Apalagi, kata Nana, lahan kosong di samping rumahnya juga sudah dibeli oleh Maruf Amin.

Meski demikian, Nana berharap, keberadaan Maruf Amin di sekitar kediamannya dapat menurunkan tingkat kriminalitas di wilayah tersebut, misalnya seperti pencurian sepeda motor.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com 

Baca Berita Lainnya di: Google News

Ikuti Saluran WhatsApp Tribun Manado dan Google News Tribun Manado untuk pembaharuan lebih lanjut tentang berita populer lainnya

Leave a comment