Informasi Terpercaya Masa Kini

Dituding Idap ADHD, Aaliyah Massaid Angkat Bicara, Ucapan Thariq Halilintar Malah Seperti Membenarkan

0 3

Grid.ID – Aaliyah Massaid akhirnya angkat bicara soal dugaan mengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder alias ADHD.

Dugaan ini berawal dari beberapa konten yang memperlihatkan Aaliyah Massaid yang sering kali mudah teralihkan, saat sedang ngobrol dengan lawan bicaranya.

Seperti beberapa potongan video yang diunggah akun TikTok @inilahakuu91, tampak kumpulan video Aaliyah Massaid yang sedang berbicara serius, namun tiba-tiba teralihkan dengan fokus lain di sekitarnya.

Video yang pertama adalah ketika Aaliyah Massaid sedang menjadi bintang tamu dalam podcast milik Denny Sumargo.

Aaliyah dan Densu yang sedang asik ngobrol tiba-tiba terpotong, ketika Aaliyah teralihkan fokusnya oleh ikan peliharaan istri Densu, Olivia Alan.

Selanjutnya, ketika Aaliyah sedang ngobrol dengan penyanyi Rossa, Aaliyah tiba-tiba hilang fokus dan mengomentari stiker AHHA, yang ia asumsikan sebagai Atta Halilintar.

Kelakukan Aaliyah itu langsung mendapatkan komentar dari netizen.

Beragam komentar hadir, dari yang menganggapnya lucu, sampai ada yang menduga jika Aaliyah mengidap ADHD, karena sulit fokus pada satu hal.

“Lucu banget kamu Aal bisa-bisanya lagi ngobrol serius malah fokus ke ikan dan stiker AHHA,” tulis sebuah akun.

“Ciri-ciri ADHD enggak sih,” komentar seorang netizen.

Bahkan, Thariq seolah membenarkan jika istrinya memiliki kesulitan untuk fokus, ketika sedang berkomunikasi.

Baca Juga: Thariq Halilintar Bantah Saaih Halilintar Gagal Ikut Pon Gara-gara Tak Punya NPWP, Suami Aaliyah Massaid: Dia Sudah Berbesar Hati

“Kalau lagi ngobrol, fokusnya kepecah,” kata Thariq.

Mengetahui jika kebiasaannya yang sulit fokus itu diperhatikan netizen, bahkan Aaliyah dituding mengidap ADHD, istri Thariq Halilintar itu akhirnya angkat suara.

“Kalau bicara soal kesehatan (mental) dan diagnosis itu kan dari ahlinya. Itu gak bisa dibahas publicly sih,” kata Aaliyah saat menjadi bintang tamu acara FYP Trans7.

“Harus ketemu profesional juga, itu kan ada aturannya, ada kerahasiaan antara pasien dan tim medis,” katanya.

Aaliyah terlihat enggan membahas lebih lanjut, perihal tudingan netizen terhadap dirinya.

Bagi Aaliyah, siapapun yang mengidap ADHD dan penyakit lain, sama sekali tak berhak untuk mendapatkan bully dari netizen.

“Gak boleh ngatain orang yang ADHD loh, kadang sama yang OCD gak bisa asal ngomong juga, memang hal itu gak tabu, ADHD juga ada levelnya juga kan,” kata Aaliyah.

Lalu, apa itu ADHD?

Mengutip dari laman Perpustakaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Attention deficit hyperactivity disorder atau biasa dikenal dengan ADHD adalah kondisi ketika terjadinya gangguan perkembangan saraf yang berpengaruh pada motorik (gerakan) seseorang.

Biasanya, tanda seseorang mengalami ADHD adalah sulit fokus atau memusatkan perhatian, impulsif, serta hiperaktif.

Gangguan ADHD ini dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu dominan inatentif, dominan hiperaktifimpulsif, serta kombinasi inatentif & hiperaktif-impulsif.

Baca Juga: Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar Ingin Bucin Sampai Tua, Bahagia Ungkap Kehidupan Rumah Tangga

Dominan inatentif adalah kelompok yang mengalami kesulitan untuk fokus dan memusatkan perhatiannya terhadap satu hal.

Dominan hiperaktif-impulsif adalah kelompok yang bertindak hiperaktif dan impulsif (berbuat tanpa memikirkan dampaknya), dan kombinasi inatentif dan hiperaktif-impulsif merupakan gabungan dari dua kelompok ADHD lainnya. (*)

Leave a comment