Informasi Terpercaya Masa Kini

Dengan Chip A18 Pro, iPhone 16 Pro Unggulkan Layar Lebih Besar dan Zoom Kamera Lebih Baik

0 5

TEMPO.CO, Jakarta – Seperti yang diperkirakan, Apple mengumumkan model iPhone Pro baru, Senin, 9 September 2024, dalam siaran langsung, yaitu iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. iPhone 16 Pro memiliki layar 6,3 inci, dan Max memiliki layar 6,9 inci. Itu terutama berkat bingkai yang lebih tipis di sekeliling layar, sebagaimana dilaporkan Ars Technica, 10 September 2024.

Seperti iPhone 15 Pro, 16 Pro terbuat dari titanium tetapi dengan tekstur baru. Apple mengklaim ponsel tersebut telah meningkatkan manajemen panas dengan sasis barunya, yang dapat mengatasi beberapa keluhan tentang iPhone 15 Pro dan kinerja berkelanjutan hingga 20 persen lebih cepat.

Baterai yang lebih besar dan peningkatan efisiensi diklaim meningkatkan masa pakai baterai, meskipun Apple tidak mengatakan secara pasti berapa lama baterai akan bertahan selama siaran langsung.

iPhone 16 Pro menyertakan chip A18 Pro baru, yang berbeda dari A18 yang ditemukan di iPhone 16 biasa. Apple mengatakan bahwa chip ini lebih cepat dan lebih efisien.

Ponsel ini memiliki Neural Engine 16-inti dengan bandwidth memori 17 persen lebih banyak. Fitur-fitur Apple Intelligence dikatakan berjalan hingga 15 persen lebih cepat daripada ponsel Pro sebelumnya.

A18 Pro dikirimkan dengan GPU 6-inti dengan kinerja 20 persen lebih cepat, dan Apple menggembar-gemborkan kemampuannya untuk gim AAA—dan itu termasuk kinerja ray tracing yang dua kali lebih cepat.

CPU 6-inti (dua inti kinerja, empat efisiensi) 15 persen lebih cepat. Atau, ia dapat memberikan kinerja yang sama seperti A17 Pro tetapi dengan efisiensi 20 persen lebih banyak, yang menunjukkan peningkatan masa pakai baterai dan panas.

Terakhir, ada encoder video dan ISP baru, dengan hasil keluaran dua kali lipat untuk data, dengan penekanan khusus pada peningkatan perekaman video.

Seperti iPhone 16 baru, iPhone 16 Pro menyertakan tombol baru yang disebut tombol Capture. Anda dapat mengkliknya untuk mengambil foto dengan cepat, seperti kamera tradisional.

Namun, kamera ini juga peka terhadap sentuhan, sehingga Anda dapat menggerakkan jari di atasnya dengan gerakan untuk mengubah gambar menggunakan fitur fotografi bawaan yang ada, seperti menyesuaikan zoom.

Ponsel ini memiliki tiga jenis kamera yang sama seperti sebelumnya: sudut lebar, telefoto, dan ultra lebar. Namun, ada beberapa peningkatan perangkat keras. Kamera sudut lebar 48 megapiksel menambahkan sensor baru yang dapat membaca data dua kali lebih cepat.

Ada kamera ultra lebar 48 megapiksel baru untuk memungkinkan detail lebih banyak dalam foto jarak dekat dan swafoto. Lensa telefoto 5x yang eksklusif untuk 15 Pro Max kini juga disertakan dalam kedua ukuran iPhone 16 Pro.

Fitur kamera baru yang hebat adalah perekaman video 4K pada 120 bingkai per detik dan dalam Dolby Vision, yang merupakan yang pertama untuk platform tersebut. Video yang direkam dengan cara ini dapat melihat kecepatan pemutarannya disesuaikan antara 120 fps, 60 fps, 30 fps, dan 24 fps setelahnya di aplikasi Foto.

Semua video yang direkam kini juga dapat menyertakan audio spasial. Itu dilengkapi dengan Audio Mix, fitur yang memungkinkan Anda beralih di antara mode yang mencoba mengisolasi suara atau bunyi individual menurut beberapa gaya campuran tertentu.

iPhone 16 Pro dibanderol mulai dari $999 (128GB) atau $1.199 (256GB) untuk ukuran Max. Keduanya tersedia untuk pre-order Jumat mendatang, dan akan dikirim pada tanggal 20 September.

Pilihan Editor: Sempat Diterima Undip, Johar Si Anak Petani Lulus Cumlaude di FEB UGM

Leave a comment