Informasi Terpercaya Masa Kini

Kisah Raksasa Produsen Mobil Volskwagen yang Alami Krisis Kalah Oleh China

0 4

REPUBLIKA.CO.ID,BERLIN- Pada bulan Mei, kepala keuangan Volkswagen Arno Antlitz memperingatkan bahwa produsen mobil terkemuka Eropa tersebut memiliki waktu sekitar dua atau tiga tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan ketat dari luar negeri, terutama China.

Pekan ini, ia mengirimkan gelombang kejut di sektor otomotif global dengan memberi sinyal untuk pertama kalinya perusahaan akan menutup pabrik yang mengincar di pasar dalam negeri.

Meskipun banyak tantangan Volkswagen – mulai dari pasar China yang melemah hingga peralihan yang lebih lambat dari perkiraan ke kendaraan listrik, telah mengganggunya untuk sementara waktu, dua perkembangan terkini telah memperburuk keadaan bagi grup Jerman itu, menurut wawancara dengan tujuh sumber perusahaan, investor, dan analis.

Pertama, kekhawatiran telah berkembang bahwa pesaing Asia, termasuk BYD, Chery, dan Leapmotor dapat mempercepat rencana untuk membangun kapasitas produksi di Eropa jika Brussels meneruskan tarif impor yang lumayan besar pada mobil listrik (EV) buatan China.

Kedua, Volkswagen baru-baru ini memangkas harga mobil merek VW untuk melawan persaingan yang lebih ketat, sebuah langkah yang menurut bos dewan pekerja Daniela Cavallo telah merugikan perusahaan ratusan juta euro potensi keuntungan yang bisa dipetik.

“Tidak hanya potongan harga yang lebih besar dari yang diantisipasi sebelumnya, tetapi juga meyakinkan manajemen bahwa basis biaya tinggi di Jerman membahayakan kemampuan Volkswagen untuk bersaing dengan pesaing yang lebih gesit,” kata seorang sumber perusahaan, tanpa memberikan rincian pemotongan harga.

Sumber tersebut menolak untuk disebutkan namanya karena sensitivitas masalah tersebut. Volkswagen menolak berkomentar.

“Ini adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia yang tidak menghasilkan laba besar dari semua skala itu,” kata Cole Smead, CEO pemegang saham Volkswagen, Smead Capital Management. “Apakah saya pikir mereka dapat mempertahankan tingkat produksi itu di negara yang menuntut begitu sedikit? Itu tidak mungkin.”

Di samping biaya restrukturisasi, potongan harga tersebut telah merusak upaya merek VW untuk mengurangi biaya lebih dari 10 miliar euro (11 miliar dolar AS) pada tahun 2026.

Akibatnya, merek mobil penumpang VW mengalami penurunan margin laba menjadi 0,9 persen pada kuartal kedua dari margin keuntungan yang sudah sedikit yakni 4 persen pada kuartal pertama.

Sebagai perbandingan, margin di Renault dan Stellantis, dua produsen mobil besar Eropa lainnya, masing-masing adalah 8,1 persen dan 10 persen pada paruh pertama tahun ini.

Margin VW yang tertekan – pada saat pesaing China telah meningkatkan impor ke Eropa – telah memicu kekhawatiran tentang apa yang dapat terjadi ketika mereka memproduksi secara lokal di masa mendatang.

“Bagaimanapun, produsen mobil – termasuk China – bersaing untuk mendapatkan bagian yang lebih kecil: pasar mobil Eropa adalah 13 persen, atau dua juta kendaraan, lebih kecil daripada sebelum pandemi,” kata CFO Antlitz.

Mengutip berbagai tantangan, analis DZ Bank Michael Punzet mengatakan ia memperkirakan Volkswagen akan memangkas target margin grup setahun penuh lagi ketika menerbitkan hasil kuartal ketiga.

Mereka telah memangkas target menjadi 6,5-7,0 persen pada bulan Juli karena ketentuan tentang kemungkinan penutupan pabrik anak perusahaan mewah Audi di Brussels.

PERDEBATAN MENGENAI BIAYA

Seiring dengan menurunnya permintaan, penjualan mobil di segmen massal telah menjadi perebutan siapa yang membuatnya dengan biaya terendah.

“Pemikiran untuk menemukan solusi melalui pertumbuhan telah hilang. Semua orang kehilangan pangsa, dan perusahaan perlu menyesuaikan diri,” kata analis Jefferies Philippe Houchois.

Antlitz mengatakan pekan ini bahwa merek VW – yang menyumbang lebih dari setengah produksi grup tahun lalu – telah menghabiskan lebih banyak uang daripada yang diperolehnya selama beberapa waktu, menambahkan perusahaan tidak akan berhasil jika tren itu berlanjut.

Arus kas otomotif Volkswagen, ukuran utama kesehatan operasional, berubah negatif pada paruh pertama tahun 2024 menjadi minus 100 juta euro, dibandingkan dengan positif 2,5 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Persaingan ketat bukan hanya masalah di dalam negeri.

Keuntungan dari Tiongkok, pasar tunggal terbesar Volkswagen, telah berkurang hampir setengahnya selama dekade terakhir menjadi 2,6 miliar euro pada tahun 2023. Diperkirakan akan naik menjadi sekitar 3 miliar euro pada tahun 2030, namun keuntungan tersebut hampir tidak akan pulih.

Masalah besar lainnya adalah biaya energi dan tenaga kerja di Jerman, yang termasuk yang tertinggi di Eropa dan juga telah menjadi masalah besar bagi sektor kimia dan baja di negara tersebut.

“Persaingan baru yang lebih murah, harga energi yang lebih tinggi, dan biaya tenaga kerja yang tinggi semuanya sejalan dengan prospek yang sangat sulit terutama bagi merek-merek massal Eropa,” kata analis Citi pekan ini.

Leave a comment