Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Minuman Efektif untuk Redakan Perut Kembung dengan Cepat

0 3

TRIBUNHEALTH.COM – Perut kembung merupakan suatu kondisi ketika perut terasa kencang, penuh, dan terlihat membesar.

Kondisi ini terjadi karena gas di dalam perut telalu banyak, yang akhirnya menimbulkan kram atau rasa yang tidak nyaman di perut.

Terjadinya perut kembung biasanya ditandai dengan perut terasa sesak, sering buang angin dan kentut.

Meskipun kebanyakan penyebabnya bukanlah hal yang serius, namun perut kembung yang disertai dengan gejala-gejala tertentu perlu diwaspadai.

Perut kembung biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa minuman yang bisa Anda konsumsi saat Anda mengalami perut kembung.

Baca juga: Makan Seledri Bantu Turunkan Berat Badan: Rendah Kalori, Tinggi Serat, dan Bikin Awet Kenyang

Minuman untuk Redakan Perut Kembung

Dilansir dari Eat This Not That, berikut ini beberapa rekomendasi minuman yang dapat membantu mengatasi permasalahan perut kembung.

1. Air putih

Air putih merupakan minuman pertama yang direkomendasikan saat Anda mengalami perut kembung.

Menurut ahli diet, Maggie Moon, MS, RD, minum air putih adalah cara paling dasar untuk meredakan perut kembung yang disebabkan oleh konstipasi akibat dehidrasi.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup cairan, tubuh akan menyerap air dari makanan saat melewati saluran pencernaan, yang dapat mengeraskan feses dan membuatnya sulit untuk dikeluarkan atau sembelit.

Saat feses ini tertinggal di dalam usus, bakteri memiliki lebih banyak waktu untuk memetabolisme feses melalui fermemtasi, yang menghasilkan gas yang menyebabkan kembung.

Jika Anda kembung, pilihlah air putih untuk membantu memulihkan keseimbangan, mempermudah buang air besar, dan menghilangkan penyebab perut kembung.

Baca juga: Primadona Saat Ramadan, Inilah Sederet Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

2. Teh hijau

Minuman kedua yang direkomendasikan untuk mengatasi perut kembung adalah teh hijau.

Teh hijau sangat direkomendasikan karena kandungan antioksidan dan katekin yang cukup tinggi.

Katekin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, yang dapat membantu menenangkan saluran pencernaan, mengurangi gas usus setelah makan, dan mengurangi kembung.

“Saya suka melengkapi makanan dengan secangkir teh hikau untuk membantu tubuh saya mengoptimalkan pencernaan dan merasa waspada,” terang Malina Malkani, MS, RDN, CDN, pemilik Malina Malkani Nutrition.

3. Teh jahe

Minuman ketiga yang direkomendasikan untuk mengatasi perut kembung adalah teh jahe.

Teh jahe dinilai bagus untuk pencernaan dan bagus untuk mengatasi permasalahan perut kembung.

“Ini adalah bantuan pencernaan yang bagus untuk mengosongkan perut, sehingga dapat membantu meredakan kembung,” ungkap ahli gizi, Amanda Sauceda, MS, RD, dan pemilik The Mindful Gut.

“Selain itu, jahe juga bersifat karminatif yang berarti bahwa jika kita merasa kembung karena perut bergas, maka teh jahe juga dapat membantu,” lanjutnya.

Baca juga: 8 Jenis Buah yang Banyak Mengandung Air, Bagus Dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa

4. Kombucha

Minuman berikutnya yang bagus untuk meredakan perut kembung ialah kombucha.

Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh, gula, dan kultur simbiosis antara bakteri dan ragi (SCOBY).

“Meskipun tidak ada banyak penelitian ilmiah secara khusus yang membahas dampak kombucha terhadap perut kembung, namun beberapa faktor potensial dalam kombucha dapat berkontribusi pada kesehatan pencernaan, yang secara tidak langsung dapat membantu mengurangi kembung pada beberapa orang,” jelas ahli diet dan spesialis bersertifikat di bidang dietetika olahraga, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

Goodson menjelaskan, kombucha dapat memengaruhi kesehatan usus dan pencernaan, serta membantu mengatasi perut kembung karena kandungan probiotiknya, yaitu bakteri baik yang dapat mendukung keseimbangan mikrobiota usus.

Mikrobiota usus yang serhat berkaitan dengan pencernaan yang lebih baik dan dapat membantu mencegah perut kembung.

“Selain itu, kombucha mungkin mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan senyawa tertentu. Pencernaan yang lebih baik dapat mengurangi kemungkinan perut kembung,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, kombucha juga rendah gula karena gula yang ditambahkan ke kombucha selama proses fermentasi dikonsumsi oleh SCOBY, sehingga menghasilkan kandungan gula yang lebih rendah pada produk akhir.

“Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kembung, jadi memilih minuman dengan kadar gula yang lebih rendah dapat membantu beberapa orang mengatasi kembung,” jelas Goodson.

Baca juga: 7 Jenis Ikan yang Baiknya Tidak Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat

5. Kefir

Kefir merupakan minuman susu fermentasi yang kaya akan prebiotik dan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meredakan perut kembung.

“Mikoorganisme menguntungkan yang ada di dalamnya membantu memecah makanan di usus, sehingga meredakan gas, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya,” jelas ahli gizi dan pemilik Nutrition Now Counseling, Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT.

Kefir juga dapat meningkatkan mikrobiota usus yang seimbang, yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

“Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah orang mengonsumsi strain probiotik yang ditemukan dalam kefir setiap hari selama tiga minggu, perut kembung mulai berkurang,” ungkap Manaker.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Susu Kedelai, Dapat Turunkan Tekanan Darah Tinggi hingga Turunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini terdapat produk yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, klik di sini untuk mendapatkannya.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Leave a comment