Informasi Terpercaya Masa Kini

Sukses Bangun Usaha Keripik, Bisnis Aktor ini Bangkrut Gegara Kelakuan Artis yang Beli Dagangannya Tapi Tak Mau Bayar

0 3

Grid.ID – Tidak sedikit artis Indonesia yang memiliki bisnis sebagai penghasilan sampingan.

Salah satu artis yang sempat sukses berbisnis kuliner antara lain Aiman Ricky.

Pemain sinetron itu menceritakan lika-liku bisnis keripiknya yang sukses terpaksa bangkrut karena kelakuan beberapa artis.

Aiman Ricky curhat kalau usahanya bangkrut karena beberapa artis membeli dagangannya tapi tidak mau bayar.

Perjalanan sang artis dalam berbinsnis itu ia sampaikan saat jadi bintang tamu podcast Youtube Kasisolusi edisi Rabu (1/11/2024).

Awalnya Aiman Ricky ingin memiliki bisnis sendiri di luar karier utamanya sebagai artis sinetron.

“Ya tetep masih ada di TV, tapi gue pengen punya usaha juga.” ucap Aiman seperti dikutip Grid.ID dari kanal YouTube Kasisolusi.

Artis yang pernah membintangi sinetron di beberapa stasiun TV itu, ingin menerapkan ilmu yang ia dapat di bangku kuliah melalui jurusan periklanan.

Serta memanfaatkan media sosial miliknya untuk menjual produk buatannya sendiri daripada mempromosikan produk orang lain.

Baca Juga: Alasan Ashanty Buka Toko Kue di Radio Dalam, Nostalgia Tinggal di Ruko Bersama Anang Hermansyah?

 

“Gimana caranya kan dulu kuliah advertising, berarti gua harus bisa nih Instagram, TikTok gua punya followers ngapain gua jual produk orang, nah gua jual tu produk sendiri,” jelas Aiman.

Pemain sinetron Islam KTP ini menceritakan ide awal mula bisnis kripiknya terbentuk karena terinspirasi produk kripik yang viral.

Produk itulah yang membuatnya ingin berbisnis kripik mengingat sang kakak pandai membuat olahan kripik.

“Waktu dulu lagi rame kripik Maici tu, nah gua pengen punya usaha kayak gitu, kebetulan kakak gua jago bikin kripik gituan,” kata Aiman.

Lantaran dirinya pernah berperan sebagai Karyo di sinetron Islam KTP, maka Aiman melabeli produk kripiknya itu dengan nama Kripik Karyo.

Awal Penyebab Bisnis Kripik Aiman Ricky Bangkrut

Ketenaran Aiman ketika berperan sebagai Karyo, membuat dagangannya itu banyaknya pembelinya.

“Nah gua tu dulu di SCTV ada Sinetron KTP berperan sebagai Karyo, terkenal dan akhirnya gua akhirnya bikin kripik karyo dulu.” Ujar Aiman.

“Trus habis itu rame, banyak yang beli,” tambahnya.

Baca Juga: Segini Harta Kekayaan Kaesang yang Disebut Akan Maju dalam Pilkada Jateng 2024, Penah Beli Saham Senilai Rp92 Miliar

 

Setelah usaha kripiknya laku, Aiman mengungkapkan jika banyak rekan-rekan artisnya ikut membeli dagangannya itu.

Namun, ketika mereka sudah membeli Kripik buatan sang kakak itu, banyak rekan-rekan artis, Aiman yang tidak mau membayar.

“Akhirnya pada beli temen-temen artis gue pada beli, akhirnya pas gue tagihin gak pada bayar,” ungkap Aiman.

Diungkap Aiman, awalnya rekan-rekan selebritis yang memesan keripik dagangannya itu membantu promosi dengan mengunggahnya di media sosial.

Tetapi setelahnya banyak dari mereka yang memesan keripik dagangannya tetapi tidak dibayarkan.

“Kalau waktu itu pake exposure di-posting gue happy-happy aja. Tapi besok lagi menurut gue saat itu aja, besoknya beli tapi enggak bayar,” ujarnya.

Namun sayangnya dia enggan untuk membocorkan siapa sosok artis yang dimaksud itu.

Di sisi lain, Aiman Ricky mengungkap kebaikan hati dari aktris senior Meriam Belina yang selalu membeli dagangannya dalam jumlah besar untuk dibagi-bagikan di lokasi syuting.

“Adalah (enggan sebut nama artis yang tak mau bayar). Kalau Meriam Belina beli 100 pcs oke bawa ke lokasi bagi-bagi, tapi dia bayar. Mungkin mereka mikir ‘alah lo punya duit ini cuma iseng-iseng aja’,” ujarnya.

Baca Juga: Shireen Sungkar Makin Mantap Terjun di Dunia Fashion, Teuku Wisnu: Memang Susah Diam

 

Dari sanalah awal mula bisnis keripik milik Aiman Ricky mengalami kebangkrutan.

“Bangkrut. (Karena enggak dibayar, tapi) sebagian lagi karena waktu kasusnya kakak gue baru kehilangan anaknya di stop bikin gituan. Meninggal anaknya kanker stop enggak bikin. Akhirnya enggak gue lanjutin sampai dia akhirnya mau bikin usaha lagi,” tandasnya.

Belajar dari pengalaman tersebut pria yang pernah menjali asmara dengan DJ Katy Butterfly ini tak lagi mau menonjolkan dirinya yang berjualan.

“Tadinya maunya ga mau guenya ditonjolin karena nanti seperti kejadian waktu itu temen-temen gue enggak bayar,” pungkasnya.

 

(*)

Leave a comment