Informasi Terpercaya Masa Kini

Saat Lantunan Al-Quran Dibacakan di Hadapan Paus Fransiskus

0 2

Paus Fransiskus melanjutkan kegiatan di Indonesia dengan berkunjung ke Masjid Istiqlal. Di sana, Paus akan menggelar dialog dengan para tokoh agama.

Paus Fransiskus sudah tiba di Masjid Istiqlal, sekitar pukul 09.00 WIB. Begitu tiba, Paus disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Paus sempat diperlihatkan terowongan silaturahmi yang menyambungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Rumah ibadah itu memang lokasinya berseberangan.

Sejumlah tokoh sudah hadir di lokasi. Ada Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, mantan Menteri Agama, penulis Tafsir Al Misbah sekaligus cendekiawan muslim Quraish Shihab, mantan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab, istri almarhum Presiden Gus Dur, Sinta Nuriyah; Menkeu Sri Mulyani, hingga Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Paus lalu kembali ke tempat yang disediakan di atas panggung. Paus duduk berdampingan dengan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Sebelum dialog dimulai, ada pembacaan ayat Al-Quran. Ialah, Kayla Nur Syahwa, perempuan tuna netra yang membacakan Al-Quran.

Kayla yang juga peserta ajang penghafal Al-Quran, Hafidz Indonesia tahun 2018, membacakan 2 ayat Al-Quran.

Pertama Surat Al-Baqarah Ayat 62 yang berbunyi:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَادُوا۟ وَٱلنَّصَٰرَىٰ وَٱلصَّٰبِـِٔينَ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَعَمِلَ صَٰلِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

artinya: Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Setelah itu, Kayla membacakan Surat Al-Hujurat Ayat 13. Ayat ini juga pernah dibacakan saat pembukaan Piala Dunia Qatar. Berikut bunyinya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Setelah itu, Injil juga dibacakan di acara itu. Sampai saat ini, acara masih berlanjut.

Usai menjalani dialog di Masjid Istiqlal, Paus akan hadir di Kantor KWI. Lalu, acara puncak, yakni Misa di GBK pada sore hari.

Leave a comment