Informasi Terpercaya Masa Kini

Begini Posisi Menyimpan Telur yang Benar Menurut Chef Lucky Suherman

0 4

Kebanyakan orang menyimpan telur dalam posisi yang salah. Tanpa disadari, cara menyimpan yang salah ini membuat telur mudah rusak dan membusuk. Tapi kamu tak perlu khawatir karena Chef Lucky Suherman akan membagikan tips selengkapnya.

Juru masak sekaligus founder Komunitas Pelaku Kuliner (KPK) ini mengatakan kepada kumparanFOOD, dalam menyimpan telur ada benarnya meletakkan posisi runcing menghadap ke bawah.

Dilansir berbagai sumber, posisi telur seperti ini dapat mencegahnya dari kerusakan. Sebab, pada bagian tumpul cangkang telur merupakan tempat udara berkumpul. Jika diletakkan dalam posisi yang salah, maka udara tersebut bisa menyebar dan naik ke bagian atas telur. Saat udara memenuhi telur, bahan makanan ini jadi mudah busuk. Ini karena, udara dalam telur merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri.

Selain itu, Chef Lucky menambahkan, jika pengin telur tidak cepat busuk, maka sebaiknya jangan disimpan terlalu lama. Pastikan juga kamu menyetok telur secukupnya saja.

“Sebenarnya kalau poinnya supaya enggak cepat busuk, jangan stok telur lama-lama. Barang-barang dairy, termasuk egg itu enggak boleh disimpan lama dan tidak boleh dilewati masa save life-nya. Misalnya, telur di luar bisa dua minggu kita mau bikin satu bulan terus dimasukin ke kulkas, nah itu enggak boleh,” ujarnya saat kumparan hubungi, Kamis (15/8).

Tips Lain Menyimpan Telur

Tak hanya berbagai tips soal posisi letak menyimpan telur, Chef Lucky juga menyarankan untuk sebaiknya tidak perlu memasukkannya dalam kulkas. Menurutnya, kulkas bisa menjadi sarana kontaminasi silang antar bakteri dari berbagai barang yang kita simpan.

“Apabila disimpan dalam kulkas, bakteri yang dari telur, apalagi enggak bersih, itu bisa mengkontaminasi barang-barang di dalam kulkas. Apalagi dari kemasan langsung ditaruh di keranjang telur dalam kulkas,” lanjut Chef Lucky.

Nah, terlebih, mungkin sebagian dari kita juga jarang membersihkan kulkas. Sehingga, bakteri dalam kulkas turut mengkontaminasi telur yang masuk melalui pori-pori cangkangnya.

Jadi, menurut saran Chef Lucky, telur sebenarnya cukup disimpan dalam suhu ruang saja. Juga, gunakanlah serta stok telur secukupnya agar tetap segar saat dimasak.

“Penyimpanan yang baik adalah dalam suhu ruang. Tentunya dengan jangka waktu yang sesuai, dan untuk pemakaian telur sebisa mungkin fresh, sesuai kebutuhan sehari berapa, toh di supermarket juga tidak ditaruh di dalam kulkas, apalagi di warung juga disimpan di luar,” pungkasnya.

Leave a comment