Informasi Terpercaya Masa Kini

Viral Belanjaan Kaesang-Erina dari Jet Diduga Tak Diperiksa, Ini Jawaban Bea Cukai

0 7

Bisnis.com, JAKARTA — Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara ihwal dugaan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono, tidak memeriksa barang bawaan dari luar negeri ketika tiba di sebuah bandara.

Dalam sebuah video yang dibagikan penggunaan X, @aqfiazfan, pada Minggu (26/8/2024) tampak Kaesang dan Erina yang turun dari sebuah jet pribadi. Dibantu seorang pria, Erina yang membawa sejumlah tas belanja langsung masuk ke dalam mobil tanpa melakukan pemeriksaan barang bawaan.

Diduga, Kaesang dan Erina baru saja mendarat dari luar negeri. Oleh sebab itu, warganet berbondong-bondong menuntut Bea Cukai untuk segera memberikan keterangan terkait dugaan Kaesang dan Erina tidak melewati proses kepabeanan atas barang bawaannya dari luar negeri tersebut.

Baca Juga : Teka-teki Hubungan Shopee, Seabank, Prabowo, hingga Jet Pribadi Kaesang dan Erina

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Kemenkeu Nirwala Dwi Heryanto belum bisa memastikan mengonfirmasi ataupun membantah dugaan para pengguna X tersebut. Dia menyatakan Bea Cukai masih memeriksa detail video yang viral di media sosial itu.

“Terkait status penerbangan di video tersebut kami masih cek, namun jika penerbangan tersebut adalah penerbangan domestik maka tidak perlu melalui Bea Cukai,” jelas Nirwala kepada Bisnis, Senin (26/8/2024).

Baca Juga : : Kaesang-Erina Diduga Pakai Jet Pribadi: Harga Sewa Fantastis, Emisi Karbon Tinggi

Di samping itu, dia meyakini Kaesang—yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)—dan Erina tidak bisa langsung pergi ke luar bandara tanpa proses pemeriksaan apabila keduanya memang mendarat dari penerbangan luar negeri.

“Jika penerbangan tersebut penerbangan internasional maka akan melalui prosedur-prosedur international airport clearance [izin bandara] termasuk imigrasi dan kepabeanan,” ujar Nirwala.

Baca Juga : : Saran Analis ke Emiten Jika Cukai Minuman Manis Diterapkan pada 2025

Sebagai informasi, belakangan Kaesang dan Erina mendapatkan banyak sorotan di media sosial. Mereka diduga pelesiran ke Amerika Serikat menggunakan pesawat jet pribadi jenis Gulfstream G650ER, ketika terjadi gejolak politik di Tanah Air terkait penolakan revisi UU Pilkada.

Apalagi, harga sewa jet pribadi Gulfstream G650ER sangat fantastis berdasarkan perhitungan Trend Asia, sebuah organisasi masyarakat sipil independen di bidang transformasi energi dan pembangunan berkelanjutan.

Trend Asia merincikan, Kaesang dan Erina terbang ke AS menggunakan pesawat Gulfstream G650ER dengan nomor N588SE dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta hingga Bandara Internasional Philadelphia AS.

Tanggal perjalanan pada 18—21 Agustus 2024 dengan jarak 16.276 km. Biaya charter itu tergolong fantastis, yakni sebesar US$556.305 atau sekitar Rp8,67 miliar (asumsi kurs Rp15.600 per dolar AS).

Alhasil, pesawat jet itu menghasilkan total emisi sebesar 83.525 kg CO2. Pesawat itu juga menghabiskan bahan bakar sebesar 26.500 liter seharga US$22.816 atau Rp355,81 juta.

Leave a comment