Informasi Terpercaya Masa Kini

Tips Menciptakan Semi Formal Outfit Wanita yang Elegan & Rapi

0 9

Undangan makan malam hingga pesta pernikahan sering kali mencantumkan dress code semi formal. Namun, tak jarang ketentuan berpakaian ini membingungkan untuk memilih pakaian apa yang pantas dikenakan.

Semi formal merupakan gaya yang cocok dipakai ke acara formal, namun perpaduannya tidak resmi seperti akan ke malam gala. Variasi jenis pakaiannya bisa memakai celana hingga dress. Di bawah ini, Popbela akan membahas gaya semi formal hingga tips padu-padannya.

1. Mengenal Apa Itu Semi Formal

Bisa dibilang semi formal adalah cara berpakaian yang lebih rapi dari gaya smart casual maupun pakaian ke kantor, namun masih berada pada satu tingkat di bawah outfit formal. Penampilan semi formal memiliki visual yang sopan dan berkelas.

Jika gaya black tie identik dengan gaun yang megah atau celana yang menyapu lantai, semi formal memiliki variasi berbeda dalam permainan padu-padannya. Pakaian semi formal biasanya bisa dikenakan ke pesta, jamuan makan malam, serta acara formal lainnya.

2. Pilih Bahan yang Menonjol seperti Satin

Pemilihan bahan bisa menjadi acuan dalam menciptakan semi formal outfit wanita. Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan-bahan dengan tekstur serta kilap, seperti beludru, satin, sutra, serta brokat.

Hindari pakaian dari katun serta linen, sebab kedua bahan tersebut terlihat kasual. Padu-padan rok dan blouse bisa menjadi semi formal dengan rok satin yang tampak mewah.

3. Andalkan Dress Panjang

Pilihan yang aman untuk dress code semi formal adalah mengenakan dress dengan panjang di bawah lutut. Warna yang terang cocok dipakai di siang hari, sedangkan warna gelap sesuai untuk acara malam hari.

Berbeda dengan gaun untuk acara black tie yang lebih bervolume dan megah, model dress yang termasuk dalam pakaian semi formal lebih terlihat santai dan tetap rapi. Misalnya, midi dressfloral dress, maupun ruffle dress.

4. Outfit Semi Formal Pakai Celana

Tak hanya rok ataupun dress, celana masih bisa menjadi kombinasi outfit semi formal. Kuncinya ada pada kombinasi pakaiannya, Bela. Kenakan setelan blazer atau jas dan celana dengan warna yang sama. Jangan ragu mengenakan setelan jas dengan nuansa yang cerah untuk acara siang hari.

Selain itu, kombinasi blouse berbahan satin atau crepe juga dijamin membuat gaya yang berkelas.

Variasi kombinasi pakaian semi formal dengan celana lainnya bisa berupa jumpsuit. Potongan celana pada jumpsuit yang longgar dan melebihi mata kaki memberikan sentuhan mahal pada penampilan.

5. Gaya Semi Formal Tradisional

Tak hanya padu-padan modern, gaya tradisional tentunya adalah pilihan yang sempurna untuk semi formal outfit wanita. Meskipun berbahan katun, kain batik yang dipadu dengan kebaya akan tetap elegan dan rapi.

Variasi padu-padan lainnya bisa berupa kain batik dengan blouse, serta lengkapi dengan aksesori bros emas atau subeng.

6. Sempurnakan dengan Aksesori

Aksesori merupakan elemen penting pada outfit semi formal. Meski tampak mungil, gelang, anting, maupun cincin mampu memberikan efek dramatis pada keseluruhan penampilan. Misalnya, gaya pakai dress yang simpel jadi lebih mewah dengan anting serta gelang emas seperti gambar di atas.

Inilah tips menciptakan semi formal outfit wanita untuk referensi kamu berikutnya!

Baca Juga: 10 Model Kebaya Simple Modern untuk Pesta Pernikahan

Baca Juga: 7 OOTD Rok Lilit Santai Hingga Formal, Ekstra Modis!

Baca Juga: Inspirasi OOTD Kondangan Simpel dan Classy Pakai Celana

Leave a comment