Informasi Terpercaya Masa Kini

Rusia Siaga, Ukraina Kirim Belasan Drone Serang Moskow Besar-besaran

0 3

TEMPO.CO, JakartaUkraina menyerang Moskow pada Rabu, 21 Agustus 2024 dengan mengirimkan sekitar 11 pesawat nirawak atau drone ke Rusia. Menurut pejabat Rusia, drone itu berhasil ditembak jatuh oleh pertahanan udara.

Serangan itu merupakan salah satu serangan pesawat nirawak terbesar di Moskow sejak perang di Ukraina dimulai pada bulan Februari 2022. Perang Rusia Ukraina meningkat pada 6 Agustus lalu. Saat itu Ukraina mengirim ribuan tentara ke wilayah Kursk di Rusia bagian barat.

Selama berbulan-bulan, Ukraina juga telah berperang dengan pesawat nirawak yang semakin merusak kilang minyak dan lapangan udara eksportir minyak terbesar kedua di dunia. Serangan drone di wilayah Moskow yang berpenduduk lebih dari 21 juta sebenarnya jarang terjadi.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah menghancurkan 45 pesawat nirawak di wilayah Rusia, termasuk 11 di wilayah Moskow, 23 di wilayah perbatasan Bryansk, enam di wilayah Belgorod, tiga di wilayah Kaluga, dan dua di wilayah Kursk.

Beberapa pesawat drone itu dihancurkan di atas kota Podolsk, kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin. Kota di wilayah Moskow itu berjarak sekitar 38 kilometer (24 mil) di selatan Kremlin.

“Ini adalah salah satu upaya terbesar untuk menyerang Moskow menggunakan pesawat nirawak yang pernah ada,” kata Sobyanin di aplikasi perpesanan Telegram pada dini hari Rabu. “Pertahanan berlapis Moskow yang dibuat memungkinkan untuk berhasil menangkis semua serangan dari UAV musuh.”

Serangan terjadi saat Rusia maju di Ukraina timur. Di wilayah itu, Rusia menguasai sekitar 18 persen wilayah.

Media Rusia menunjukkan rekaman yang belum diverifikasi dari pesawat nirawak yang terbang di atas langit fajar wilayah Moskow. Drone itu kemudian ditembak jatuh dalam bola api oleh pertahanan udara.

Bandara Moskow Vnukovo, Domodedovo, dan Zhukovsky membatasi penerbangan selama empat jam. Bandara mulai kembali operasi normal mulai pukul 03.30 GMT, kata pengawas penerbangan Rusia.

Sobyanin mengatakan bahwa menurut informasi awal, tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan tersebut. Tidak ada pula korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan di Bryansk di barat daya Rusia, ujar gubernur wilayah tersebut Alexander Bogomaz di Telegram.

Kantor berita negara Rusia RIA melaporkan bahwa dua pesawat nirawak dihancurkan di wilayah Tula, yang berbatasan dengan wilayah Moskow di sebelah utara. Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov di barat daya Rusia, mengatakan pasukan pertahanan udara menghancurkan rudal yang diluncurkan Ukraina di wilayah tersebut. Tak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Serangan pesawat nirawak di Moskow setara dengan serangan Mei 2023 ketika sedikitnya delapan pesawat nirawak dihancurkan di atas ibu kota. Menurut Presiden Vladimir Putin, serangan drone itu adalah upaya Kyiv untuk menakut-nakuti dan memprovokasi Rusia.

REUTERS | AL ARABIYA

Pilihan editor: Thailand Mendeteksi Satu Kasus Cacar Monyet

Leave a comment