Informasi Terpercaya Masa Kini

Wanita Penjamin Jessica Wongso Hingga Bebas Bersyarat,Kepala Lapas Sebutkan Sosoknya

0 4

SURYAMALANG.COM, – Sosok wanita penjamin Jessica Wongso hingga akhirnya bisa bebas bersyarat diungkap oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta. 

Selain bisa bebas bersyarat karena ada penjaminnya, Kepala Lapas juga menjabarkan sederet kelakuan baik Jessica Wongso selama di penjara.

Perilaku baik itu juga salah satu faktor yang membuat Jessica Wongso mendapat remisi hukuman dari vonis 20 tahun penjara bisa bebas setelah menjalani 8,5 tahun masa hukuman. 

Terpidana kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin itu bisa menghirup udara bebas dari Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta atau Lapas Pondok Bambu pada Minggu (18/8/2024). 

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta, Ade Agustina menyebut sosok wanita penjamin Jessica Wongso adalah ibunya sendiri. 

“Iya (penjamin), ibunya. Mulai jalan (pembebasan bersyarat) sejak tanggal 18 Agustus sampai dengan 27 Maret 2032,” kata Ade saat dikonfirmasi di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (19/8/2024) melansir TribunJakarta.com (grup suryamalang).

Baca juga: Nasib Belasan Pendaki Viral Nyaris Kena Letusan Gunung Dukono, Nekat Mendaki Padahal Dilarang

Selain adanya sosok menjadi penjamin, Jessica dinyatakan berhak mendapat pembebasan bersyarat karena memenuhi ketentuan UU Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Di antaranya berkelakuan baik, dan mengikuti program pembinaan sebagai warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Pondok Bambu sebagaimana ditetapkan.

“Selama menjadi warga binaan (Jessica) mengikuti pembinaan rohani Budha, mengajar bahasa Inggris, membatik, dan sebagainya,” ujar Ade.

Sebelumnya, Kanwilkumham DKI Jakarta menyatakan syarat seorang WBP mendapat pembebasan bersyarat di antaranya harus menjalani pembinaan dan mendapat nilai yang baik.

Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta, Andika Dwi Prasetya menuturkan ketentuan ini juga persyaratan bagi setiap WBP di seluruh Lapas untuk mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan.

“Ini juga syarat mutlak bagi yang bersangkutan mendapat remisi setiap tahunnya. Harus memenuhi semua ketentuan yang diatur undang-undang,” tutur Andika, Minggu (18/8/2024).

Sedangkan setelah bebas Jessica Wongso menceritakan aktivitasnya selama di dalam sel sejak mendekam pada 6 Januari 2016 silam.

“Ya berusaha untuk sibuk aja, apa aja yang bisa saya kerjain, saya kerjain” kata Jessica Wongso dalam tayangan Youtube Nusantara TV, Senin (19/8/2024) melansir Grid.ID.

“Berusaha untuk mencoba untuk membantu lapas siapa tau saya bisa berkontribusi dengan sewaktu saya menjalankan waktu di sana” lanjut Jessica Wongso. 

“Semoga  bermanfaat dan bisa meninggalkan kesan yang baik untuk lapas,” imbuh Jessica Wongso. 

Baca juga: Sosok Kolonel Nur Wahyudi Suami Juliana Moechtar Komandan Upacara HUT RI di IKN, Perwira Kopassus

Kemudian, Jessica Wongso melanjutkan ceritanya soal rindu yang menghantui selama ini.

Bukan saja rindu kepada orang tua, namun juga rindu kebiasaan lamanya seperti bermain handphone dan menonton televisi.

Di saat inilah Jessica Wongso mengakui bingung saat pertama kali menggunakan ponsel lagi.

“Senang banget hari ini baru pertama kali megang handphone. Jadi gimana gitu. Iya betul sekali (bingung),” ungkap Jessica Wongso. 

Merujuk pada ucapan tersebut, rupanya netizen sudah ramai membicarakan hal ini.

Bedanya, kelakar ini muncul di kolom komentar postingan Yakup Hasibuan, suami Jessica Mila yang juga putra Otto Hasibuan selaku pengacara Jessica Wongso.

Diketahui, Yakup Hasibuan saat itu memposting foto berdua bersama Jessica Wongso.

Jessica langsung dengerin lagu bernadya “untungnya bumi masi berputar“,’ tulis tayerrr20.

 

100 panggilan tak terjawab dari Podcast‘ tulis diana_anisa799.

Bingung keluar keluar tiap 100m ada coffeeshop‘  tulis yolaasss.

Sedangkan dalam wawancara perdananya di sebuah podcast bersama jurnalis Fristian Griec, Jessica Wongso mengaku sudah memaafkan mereka yang dianggapnya sudah berbuat tidak adil.

Entah siapa saja yang dimaksud ‘mereka yang tak adil’ oleh Jessica Wongso, namun pernyataan itu sempat dipuji oleh Fristian Griec.

“(Memaafkan) semuanya,” kata Fristian Griec mengutip ucapan Jessica Kumala Wongso dikutip dari Youtube Fristian Griec Media Official tayang Senin, (19/8/24).

Fristian Griec menyebut jika Jessica Wongso mengaku merasa ada ketidakadilan selama proses persidangannya berlangsung.

“(Menurut Jessica banyak ketidakadilan) pada vonisnya,” kata Fristian Griec.

“Dia merasa tak bersalah, tak lakukan yang dituduhkan (tapi) hampir 9 tahun hidup di penjara, itu ketidakadilan,” lanjut Fristian Griec. 

“Itu bagian caranya dia berdamai dengan keadaan,” imbuh Fristian.

Baca juga: Beda Nasib 2 Jenderal Polisi Tangani Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso, 1 Sukses Lainnya Masuk Bui

Jessica Wongso dijebloskan ke penjara, meski ada opini yang menyebutnya tidak bersalah.

Lantaran perasaan legowo itulah Fristian Griec sampai menyebut Jessica Wongso layak menjadi seorang motivator.

“Justru saya bilang kayaknya dia pantas deh jadi motivator,” kata Fristian saat menjadi bintang tamu acara Pagi Pagi Ambyar, Selasa (20/8/2024) mengutip Grid.ID.

“Dia sudah sampai di titik menerima keadaan, itu level dewa deh,” kata Fristian

Leave a comment