Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Membuat Foto Jadi Video dengan AI, Menarik buat Dicoba

0 11

KOMPAS.com – Program atau aplikasi AI (Artificial Intelligence) generatif kini bisa menghasilkan berbagai macam konten. Dengan perkembangan ini, pengguna sekarang tak hanya bisa membuat tulisan atau gambar dengan AI, tetapi juga video.

Untuk video, pengguna bahkan saat ini bisa membuatnya dari foto. Jadi, pengguna tinggal memasukkan foto ke program AI dan foto tersebut akan diubah menjadi video. Biasanya, program AI membuat konten berdasarkan perintah atau prompt teks.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

Namun, dengan kemampuan AI yang terus berkembang, pengguna tak perlu repot memasukkan teks untuk membuat video. Pengguna bisa membuat video dari data foto.

Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara membuat foto jadi video dengan AI. Lantas, bagaimana cara bikin foto jadi video dengan AI?

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara bikin foto jadi video dengan AI.

Cara bikin foto jadi video dengan AI

Cara membuat foto jadi video dengan AI itu pada dasarnya cukup mudah. Saat ini, ada beberapa program AI yang bisa dipakai untuk membuat foto menjadi video. Salah satunya yang cukup mudah dipakai adalah program Dream Machine.

Untuk diketahui, Dream Machine merupakan generative AI yang dikembangkan startup asal Amerika Serikat, Luma AI. Dream Machine memiliki kemampuan untuk mengolah video. Kemampuan Dream Machine ini mirip dengan program AI lain seperti Sora dari OpenAI.

Akan tetapi, Dream Machine saat ini sudah bisa dijajal oleh semua pengguna secara gratis. Sementara itu, akses Sora buatan OpenAI sekarang masih terbatas untuk sejumlah pengguna saja.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Voice Generator yang Lagi Ramai buat Ganti Lagu dengan Suara Orang Lain

Di Dream Machine, pengguna tinggal memasukkan foto dan program AI tersebut akan mengolahnya menjadi video pendek berdurasi 5 detik. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara bikin foto jadi video dengan Dream Machine adalah sebagai berikut:

  • Buka website Dream Machine dari Luma AI ini https://lumalabs.ai/dream-machine.
  • Kemudian, klik opsi “Try Now” dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Selanjutnya, klik ikon foto dan mulai unggah foto atau gambar dari galeri. Dalam tutorial ini, kami menggunakan gambar meme “Disaster Girl”.
  • Setelah foto atau gambar terunggah, pengguna bisa menambahkan perintah teks untuk membuat video dari foto dengan gaya sesuai keinginan.
  • Kami menambahkan prompt pada gambar seperti ini, “The girl is vlogging”.
  • Berikutnya, klik tombol “Generate” dan Dream Machine bakal mulai mengolah foto serta prompt tambahannya menjadi video.
  • Proses pengolahan video bisa berjalan hingga beberapa menit. Jika permintaan pembuatan video terlalu tinggi, prosesnya bakal lebih lama.
  • Setelah selesai diolah, pengguna bisa langsung menonton video itu. Pengguna juga bisa mengunduh dan membagikannya.
  • Adapun video dari foto dan prompt di atas yang kami buat di Dream Machine bisa dilihat lebih jelas di tautan ini.
  • Saat hasilnya disajikan, pengguna bisa menambahkan prompt untuk membuat video baru yang melanjutkan video berdurasi 5 detik sebelumnya dengan klik opsi “Extend”.

Cukup mudah bukan cara bikin foto jadi video dengan Dream Machine? Untuk diketahui, Dream Machine tidak hanya bisa dipakai untuk membuat video dari foto. Program AI ini juga dapat digunakan untuk membuat video dari teks.

Jadi, pengguna tinggal memasukkan prompt atau perintah teks ke Dream Machine, lalu program AI itu bakal mengolahnya menjadi video. Demikianlah penjelasan cara bikin foto jadi video dengan AI yang menarik buat dicoba.

Baca juga: Cara Membuat Gambar AI dari Teks di Google Bard, Mirip Bing Image Creator

Sebagai informasi tambahan, Dream Machine memiliki batasan penggunaan. Pengguna akun gratis hanya bisa membuat video maksimal 5 kali per hari dan 30 kali per bulan dengan video yang dihasilkan memiliki watermark “Luma”.

Sementara itu, jika ingin membuat video dengan lebih banyak dan tanpa watermark, pengguna perlu berlangganan. Untuk paket paling murah, pengguna bisa langganan Dream Machine seharga 29,99 dollar AS (Rp 488.424) per bulan.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment