Informasi Terpercaya Masa Kini

Makin Mahal! Tren Teknologi AI Bakal Naikkan Harga RAM DDR5 di Dunia

0 123

Saat ini perusahaan teknologi di seluruh dunia sedang berlomba-lomba mengembangkan perangkat dan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Tentunya, tren AI yang meningkat itu membuat permintaan  High Bandwidth Memory (HBM) yang digunakan dalam GPU untuk pusat data AI melonjak. SK Hynix, salah satu produsen memori terbesar akan menaikkan harga DDR5 sebesar 15-20 persen. Tak hanya SK Hynix, produsen RAM lainnya seperti Samsung dan Micron diperkirakan akan mengikuti langkah ini.

Faktor utama yang membuat kenaikan harga itu disebabkan oleh peningkatan produksi HBM yang mengurangi kapasitas untuk memproduksi RAM DDR5, sehingga mendorong harga naik. SK Hynix, produsen DRAM terbesar kedua setelah Samsung, adalah satu-satunya pemasok HBM tercepat untuk chip AI Nvidia. 

Seluruh kapasitas produksi HBM pada 2024 telah dipesan, dan sebagian besar untuk tahun berikutnya juga telah terjual. Karena itu, produsen memori seperti SK Hynix dan Samsung mengalihkan kapasitas produksi mereka untuk fokus pada HBM. Selain itu, penjualan HBM dari SK Hynix dan Samsung melonjak tajam pada kuartal kedua 2024, dengan SK Hynix mencatatkan peningkatan penjualan HBM sebesar 80 persen dibandingkan kuartal sebelumnya, dan Samsung mencatat kenaikan sekitar 50 persen.

Diperkirakan penjualan HBM akan terus meningkat, dengan SK Hynix memproyeksikan pertumbuhan 300 persen dari tahun ke tahun pada 2024, dan Samsung memperkirakan penjualan HBM akan tumbuh 3,5 kali lipat pada paruh kedua tahun ini dibandingkan dengan paruh pertama. Kenaikan permintaan HBM akibat booming AI diprediksi akan berdampak pada harga memori lainnya, seperti DDR5 dan DDR4. Menurut Chairman Adata, Chen Libai, harga RAM DDR5 dan DDR4 “dipastikan” akan naik dari kuartal ke kuartal.

Baca Juga: Doktor ITS Pakai AI Kembangkan Metode Pengenalan Aktivitas Manusia

Leave a comment