Informasi Terpercaya Masa Kini

Heru Budi Tinjau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SDN 07 Cideng Jakpus

0 4

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono hadir dalam uji coba makan bergizi gratis (MBG) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cideng 07, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, Heru yang mengenakan kemeja krem dan celana hijau tua tiba di SDN Cideng 07 tepat saat para murid hendak makan siang, sekitar pukul 11.30 WIB.

Heru hadir didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Budi Awaluddin dan Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Kesra (Askesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Jakarta, Suharini Eliawati.

Setelah menyapa siswa-siswi kelas dua SDN Cideng 07, Heru meminta salah seorang siswa maju ke depan ruang kelas menuliskan kalimat “Makan Siang Gratis” di papan tulis.

Baca juga: Sempat Tak Setuju, Cak Imin Kini Dukung Program Makan Siang Gratis

Ada dua siswa yang mengajukan diri. Heru pun mengapresiasi dua siswa tersebut dengan memberikan hadiah kotak pensil berwarna biru.

Setelah itu, Heru membagikan boks makan siang ke para siswa. Sebelum menyantap makanan tersebut, para siswa diminta berdoa terlebih dahulu oleh Heru.

Pj Gubernur Jakarta yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden itu lantas mendatangi satu per satu siswa untuk membantu membuka boks makanan.

Adapun menu yang disajikan pada hari pertama uji coba MBG di Jakarta ini terdiri dari nasi, sayur sawi putih, ayam karage atau ayam tepung, buah pisang, dan air mineral gelas.

“Ayo dimakan, makan ya. Kamu suka sayur enggak? Dicoba ya,” ujar Heru kepada seorang siswa.

Heru juga mengingatkan para siswa untuk membuang sampah boks bekas kotak makan siang gratis itu ke tempat sampah yang tersedia di depan kelas.

“Nanti habis makan, dibuang tempatnya, jangan sembarangan buang ya,” ujar Heru sembari membukakan boks makanan.

Heru pun memantau jalannya uji coba makan siang gratis itu dengan memastikan para siswa menyantap menu yang disediakan. Sesekali, ia membujuk siswa menghabiskan sayur yang disediakan.

“Ayo dimakan ya sayurnya, sayur sawi ini, kamu suka enggak?” tanya Heru kepada seorang siswi.

Baca juga: Jokowi Bicara Program Makan Bergizi Gratis dalam Pidato Kenegaraan Terakhirnya

Siswi yang rambutnya diikat satu itu hanya menganggukkan kepala. Ia tampak malu-malu ketika ditanya oleh Wali Kota Jakarta Utara tersebut.

Setelah sekitar 10 menit bercengkrama dengan siswa kelas tersebut, Heru menuju kelas lain untuk membagikan makan siang gratis dengan menu yang sama.

Total  ada tiga kelas yang dikunjungi Heru yang seluruhnya merupakan kelas dua.

Adapun pembagian makan bergizi gratis untuk siswa kelas satu SDN Cideng 07 telah dilaksanakan pada Senin pagi. 

Diketahui, makan siang bergizi gratis merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Leave a comment