Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Cara Memberdayakan Kembali SSD dan Hard Disk Lama

0 10

KOMPAS.com – Ketika pengguna komputer melakukan upgrade storage dengan memasang solid state drive (SSD) atau hard disk baru, biasanya unit lama akan digunakan sebagai media penyimpanan tambahan.

Namun, ada kalanya SSD atau hard disk lama mesti dikeluarkan dari komputer, entah karena keterbatasan slot yang tersedia, ingin mengurangi suara bising atau alasan lain.

Baca juga: SanDisk Perkenalkan SD Card 8 TB dan SSD Eksternal 16 TB Pertama

Nah, apabila Anda termasuk pengguna yang mengalami hal tersebut, jangan anggurkan medium storage lama. Ada beberapa cara untuk memberdayakan kembali SSD atau hard disk komputer, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC World, Sabtu (10/8/2024) berikut ini.

1. Jadikan drive eksternal

Anda dapat mengubah SSD atau hard disk internal menjadi perangkat storage eksternal dengan memanfaatkan perangkat enclosure yang banyak dijual.

Enclosure tersedia untuk hard disk 3,5/ 2,5 inci, maupun SSD 2,5 inci dan NVMe baik dengan interface PCIe maupun SATA. Harganya relatif terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah di Indonesia.

Untuk SSD, khususnya tipe NVMe sebaiknya pilih enclosure dengan interface USB 3.1 Gen 2 atau yang lebih tinggi dengan speed 10 Gbps ke atas agar kecepatan transfer datanya tidak terhambat.

Baca juga: Kingston Perkenalkan NV3, SSD NVMe Ramah Kantong

Begitu SSD atau hard disk lama sudah dimasukkan ke enclosure, Anda pun mendapat perangkat penyimpanan portabel dengan harga lebih murah ketimbang membeli drive eksternal yang sebanding.

2. Pasang ke NAS

Network Attached Storage (NAS) adalah perangkat penyimpanan yang berdiri sendiri dan terhubung ke jaringan lewat kabel Ethernet atau WiFi. Pengguna jaringan yang sama bisa mengaksesnya dari berbagai perangkat seperti PC desktop, laptop, dan ponsel.

Aneka file yang tersimpan di NAS juga bisa diakses secara remote, misalnya dari luar lingkungan rumah atau kantor, lewat jaringan internet.

Ada berbagai perangkat NAS yang menggunakan media penyimpanan hard disk maupun SSD, termasuk NVMe. Sebagian model bisa menamping lebih dari satu medium storage sehingga kapasitasnya bisa sangat besar, tergantung SSD/ hard disk yang dipasang.

3. Hubungkan ke router

Tak mau ribet dengan setup NAS? Anda bisa mengubah SSD atau hard disk lama menjadi drive portabel dengan enclosure, lalu menghubungkannya secara langsung ke router agar bisa diakses oleh perangkat-perangkat dalam jaringan.

Baca juga: Hard Disk 1 GB Pertama di Dunia Beratnya 29 Kg, Mirip Mesin Mobil

Syaratnya, router yang bersangkutan mesti memiliki modem USB untuk menghubungkan perangkat storage eksternal.

Perlu dicatat bahwa kinerja transfer data yang dihasilkan lewat metode ini tak begitu kencang sehingga hanya cocok untuk transfer file sederhana. Apabila perlu mentransfer sejumlah besar data atau streaming video, sebaiknya gunakan NAS untuk storage jaringan.

4. Ubah jadi bootable drive

Opsi lain yang bisa berguna adalah mengubah SSD atau hard disk lama menjadi bootable drive. Caranya adalah dengan memasang sistem operasi ke drive yang bersangkutan, bersama dengan driver dan software lain yang diperlukan.

Gunanya adalah sebagai backup jikalau drive boot utama komputer bermasalah. Bootable drive bisa digunakan untuk booting komputer, kemudian melakukan langkah-langkah recovery seperti troubleshooting atau instalasi ulang OS.

Baca juga: Apakah Hard Disk Bakal Punah jika SSD Jadi Murah?

Terkait keperluan tersebut, Anda juga bisa memasang program anti virus dan tool recovery data ke bootable drive. SSD atau hard disk lama yang dijadikan bootable drive bisa bersifat internal ataupun eksternal dengan lebih dulu dipasang ke enclosure.

5. Pasang ke perangkat lain

Punya lebih dari satu perangkat? Anda bisa memindahkan SSD atau hard disk lama ke perangkat tersebut, baik sebagai drive utama maupun medium penyimpanan tambahan.

Di luar komputer desktop dan laptop, ada berbagai perangkat lain yang memiliki slot untuk memasang hard disk maupun SSD sebagai unit storage dan bisa dimanfaatkan sebagai rumah baru untuk komponen lama tersebut.

Misalnya, konsol game Xbox One bisa menukar hard drive, kemudian konsol game Sony PlayStation 5 memiliki slot SSD M.2 NVMe untuk media penyimpanan.

Leave a comment