Informasi Terpercaya Masa Kini

Megawati Umumkan 12 Nama Bakal Cagub yang Diusung PDIP Hari Ini

0 16

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung partainya di Pilkada 2024. Megawati akan memimpin sendiri deklarasi dukungan tersebut di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Pengumuman kali ini akan menjadi yang pertama dari PDIP untuk Pilkada serentak 2024. “Hari ini, Ibu Megawati akan mengumumkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah untuk gelombang pertama,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 Agustus.

Hasto berujar ada ratusan pasangan calon kepala daerah yang akan menerima dukungan PDIP hari ini. “Total yang akan diumumkan 305 paslon. Ada 12 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur dan 293 kabupaten/kota,” ucap Hasto.

Hasto mengatakan agenda deklarasi dukungan tersebut akan berlangsung secara luring dan daring. Dia menyampaikan akan ada perwakilan-perwakilan sejumlah bakal calon kepala daerah yang hadir di DPP PDIP untuk menerima dukungan dari partai banteng.

Sementara itu, Hasto berujar Megawati juga telah memberi arahan kepada kader-kader PDIP untuk menghadapi Pilkada 2024. Menurut Hasto, Megawati mengimbau agar para kader dan pengurus bisa membangun ikatan atau bonding dengan masyarakat di akar rumput. “Disiplin setiap hari, setiap hari, setiap hari,” kata Hasto mengulangi ucapan Megawati.

Menjelang pengumuman bakal calon kepala daerah hari ini, Hasto berkata Megawati juga menyinggung soal tekanan politik yang dialami PDIP. Megawati, kata Hasto, awalnya mengungkit akar sejarah PDIP yang panjang. Salah satunya dari Partai Nasional Indonesia atau PNI yang dibentuk sebelum kemerdekaan.

“Karena itulah, meskipun berbagai tekanan dan intimidasi sering menghadang, jangan pernah takut. Sebab ketakutan adalah ilusi. Terus bergerak, wujudkan Pilkada sebagai momentum hadirnya pemimpin rakyat yang mumpuni,” ujar Hasto menirukan sang Presiden RI ke-5.

Diketahui, Pilkada serentak 2024 akan dilangsungkan pada 27 November mendatang. Para bakal calon kepala daerah akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU sebagai peserta Pilkada pada 27-29 Agustus.

Pilihan editor: Mengenal Istana Negara yang Dirasakan Jokowi Berbau Kolonial Setiap Hari

Leave a comment