Informasi Terpercaya Masa Kini

Jajal Efektivitas Cruise Control pada Suzuki Jimny 5 Pintu

0 7

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Jimny 5-pintu telah dilengkapi berbagai fitur modern untuk menunjang perjalanan di seluruh medan jalan, khususnya dalam kota.

Salah satu fitur menarik tersebut ialah cruise control atau suatu teknologi yang dapat mengatur kecepatan mesin stabil, tanpa membutuhkan pijakan pedal gas.

Melalui penambahan tersebut maka konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bisa lebih efisien sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengemudi.

Baca juga: Penghapusan Data Kendaraan yang Disita Segera Berlaku di Jawa Tengah

Hanya saja selama redaksi Kompas.com gunakan, cruise control kurang terpakai dan optimal untuk perjalanan dalam kota (Bekasi-Palmerah Selatan). Sebab, fitur baru bisa berkerja di kecepatan 40 kpj ke atas.

Sementara kondisi lalu lintas saat pengetesan sangatlah padat kendaraan. Membuat kondisi mesin sering stop-and-go ataupun kecepatan tidak stabil.

Selain itu, ketika hendak mengaktifkan cruise control, mobil juga memerlukan beberapa waktu untuk penyesuaian. Pada kurun waktu tersebut, kecepatan harus stabil atau stagnan.

Jadi walau sudah berada di kecepatan 40 kpj fitur tidak bisa langsung aktif begitu saja.

Ketika sudah aktif, layar MID tidak memperlihatkan batas kecepatan yang pegemudi tentukan. Jadi pengemudi diharuskan terus awas terhadap kecepatan saat ini.

Baca juga: Depresiasi Harga Motor Listrik Bekas Bisa Lebih dari 30 Persen

Sebagai gantinya, Jimny 5 pintu memiliki fitur kontrol stabilitas (stability control) untuk memberi nilai keselamatan lebih baik terutama saat berkecepatan tinggi.

Jok belakang pun sudah dibekali fitur ISOFIX (International Standards Organization FIX). Definisi sederhananya adalah sebuah sistem pemasangan child seat berstandar internasional di mobil penumpang.

Dengan hadirnya fitur ISOFIX ini child seat bisa dipasang di mobil dengan cepat dan aman. ndonesia

Leave a comment