Informasi Terpercaya Masa Kini

Vietnam Dihina Habis-habisan Legenda Rusia, Tim yang Dicekal FIFA

0 23

SUPERBALL.ID – Legenda sepak bola Rusia, Aleksandr Mostovi, melontarkaan hinaan yang amat sangat terhadap Timnas Vietnam dan Timnas Thailand.

Rencana laga uji coba FIFA Matchday Timnas Rusia melawan Vietnam dan Thailand mendapat respons keras dari seorang Aleksandr Mostovoi.

Eks gelandang Timnas Rusia yang pernah bermain untuk Spartak Moscow, Benfica, Strasbourg, Celta Vigo hingga Alaves ini merasa bingung.

Laga uji coba nanti mungkin akan jadi pengalaman yang berharga untuk Vietnam dan Thailand, namun dinilai tidak ada gunanya untuk Rusia.

Bahkan ketika Rusia tengah dicekal FIFA, menggelar pertandingan persahabatan melawan kedua tim ASEAN tersebut sama sekali tak bermanfaat.

Tentu pernyataan tersebut sangat pedas, namun juga terlontar dari salah satu tokoh penting sepak bola di Rusia.

Aleksandar Mostovoi memiliki 50 caps bersama Tim Carpin dengan total mencatat 10 gol di semua ajang yang pernah ia lalui.

Melihat kondisi sepak bola yang berjalan di tempat karena sanksi FIFA, uji coba melawan Vietnam dan Thailand dirasa tak ada artinya.

Sejak 2022 lalu, Timnas Rusia memang tidak dapat berpartisipasi dalam turnamen besar mana pun karena larangan dari UEFA dan FIFA.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jadi Acuan Vietnam Pilih Jumpa Thailand dan Rusia di Laga Uji Coba

Meski begitu, Rusia tetap menjalani pertandingan persahabatan di FIFA Matchday, termasuk dua kemenangan atas Serbia (4-0) dan Belarussia (4-0).

Di tahun 2023 lalu, Rusia juga memainkan total delapan pertandingan persahabatan dengan tiga di antaranya melawan tim dari Asia.

Seperti Iran, Irak dan Qatar, meski begitu menatap dua laga melawan tim Asia Tenggara sekelas Vietnam dan Thailand publik mereka sangat pesimistis.

“Saya merasa lucu ketika mendengar nama tim-tim ini (Vietnam dan Thailand),” ucap Aleksandr Mostovoi seperti dikutip dari Soviet Sports.

“Pertandingan-pertandingan melawan mereka tidak ada artinya, bahkan ketika Anda (Rusia) tengah dilarang oleh FIFA,” imbuh mereka.

Menurut jadwal, Timnas Rusia akan lebih dulu menghadapi Timnas Vietnam pada 5 September di Hanoi.

Sebelum melawan Timnas Thailand pada 7 September, FIFA Matchday di bulan itu ditutup dengan laga Vietnam melawan Thailand pada 10 September.

Usut punya usut, media lokal Rusia sempat mewartakan adanya ketertarikan Timnas Indonesia menggelar uji coba melawan mereka.

Baca Juga: Vietnam Uji Coba Lawan Thailand dan Rusia, Gelar Turnamen Sendiri Hingga TC di Korea Selatan

Meski begitu kabar itu belum dikonfirmasi, Timnas Indonesia masih fokus dengan persiapan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia jadi satu-satunya wakil ASEAN di babak ini, bahkan bisa dibilang lebih baik dari Rusia yang sedang disanski FIFA.

Shin Tae-yong mungkin hanya akan fokus dengan putaran ketiga kualifikasi, mengingat lawan-lawan yang bakal dihadapi tak kalah kuat dari Rusia.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Namun tidak menutup peluang juga Rusia menjadi lawan tanding di laga uji coba, sebagai langkah persiapan Timnas Indonesia.

Leave a comment