Informasi Terpercaya Masa Kini

Sejarah Rating PG-13, Film Apa yang Pertama Kali Memakainya?

0 5

KOMPAS.com – Pada tanggal 10 Agustus 1984, film thriller aksi Red Dawn yang dibintangi oleh Patrick Swayze, dibuka di bioskop sebagai film pertama yang dirilis dengan rating PG-13.

Motion Picture Association of America (MPAA), yang mengawasi sistem rating film, telah mengumumkan kategori baru PG-13 pada bulan Juli di tahun yang sama.

Didirikan pada tahun 1922 sebagai kelompok perdagangan untuk industri film Amerika, MPAA memperkenalkan sistem rating film pertamanya pada bulan November 1968.

Baca juga: Film Pendek Buatan China Kini Harus Dapat Persetujuan Tayang di Luar Negeri

Dilansir dari History, sistem ini muncul sebagai tanggapan terhadap kelompok-kelompok yang menginginkan panduan yang lebih baik bagi orang tua untuk menentukan apakah konten dan tema film sesuai untuk anak-anak atau tidak.

Kategori rating awalnya adalah G (sesuai untuk penonton dari segala usia), M (untuk penonton dewasa, tetapi semua usia boleh menonton), R (siapa pun yang berusia di bawah 16 tahun tidak boleh menonton tanpa didampingi orang dewasa), dan X (tidak ada yang berusia di bawah 17 tahun yang boleh menonton).

Kategori M akhirnya diubah menjadi PG (disarankan dengan bimbingan orang tua) dan pada tanggal 1 Juli 1984, kategori PG-13 ditambahkan untuk menunjukkan konten film dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi daripada PG, menurut MPAA.

Mulai tahun 1990, peringkat X diubah menjadi NC-17 (siapa pun yang berusia 17 tahun ke bawah tidak diperbolehkan masuk) karena diyakini bahwa “X” telah berkonotasi dengan pornografi hardcore.

Dewan pemeringkat MPAA dilaporkan mengeluarkan peringkat PG-13 pertama untuk The Flamingo Kid, yang dibintangi oleh Matt Dillon. Namun, Red Dawn dibuka di bioskop lebih dulu.

Red Dawn bercerita tentang sekelompok remaja yang bersatu untuk melindungi kota kecil mereka di Colorado setelah diserang oleh pasukan terjun payung Komunis dari Rusia dan Kuba.

Selain Patrick Swayze, film ini juga dibintangi oleh C Thomas Howell, Lea Thompson, Charlie Sheen, Jennifer Grey, dan Harry Dean Stanton.

Baca juga: Situs Web Ini Tawarkan Kerja Sampingan Nonton Semua Film Star Wars, Gaji Rp 16 Juta

Red Dawn merupakan salah satu film awal Swayze, bersama dengan The Outsiders (1983), sebuah drama remaja yang menampilkan sang aktor sebagai bagian dari daftar bintang muda yang sedang naik daun, termasuk Howell, Matt Dillon, Ralph Macchio, Rob Lowe, Emilio Estevez, Tom Cruise, dan Diane Lane.

Penampilan terbaik Swayze muncul dalam film Dirty Dancing pada tahun 1987, yang juga dibintangi oleh Grey.

Baca juga: Film Dokumenter Bon Jovi Dirilis, Ungkap Kejujuran Megabintang Rock

Pada tahun 1990, ia membintangi film laris lainnya, Ghost, bersama Demi Moore dan Whoopi Goldberg.

Leave a comment