Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Cara Mengubah Dapur Gelap Menjadi Lebih Terang

0 5

JAKARTA, KOMPAS.com – Dapur harus dibuat terang agar ruangan ini nyaman saat digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, dapur yang terang juga membuat suasana di dalam rumah terasa lebih hangat. 

Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur memiliki dapur gelap? Tak perlu risau, karena ternyata ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat dapur gelap menjadi lebih terang. 

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding yang Cocok dengan Lemari Dapur Gelap

Dikutip dari Livingetc, Senin (1/7/2024), berikut ini sejumlah cara mengubah dapur gelap menjadi lebih terang, sehingga nyaman saat digunakan. 

Buat cahaya alami masuk ke dalam ruangan

Dapur biasanya dibuat di area belakang rumah dan menghadap ke taman atau halaman belakang. Posisi ini membuat pencahayaan alami bisa dimaksimalkan untuk masuk ke ruangan tersebut. 

Lior Brosh arsitek di Brosh Architects, menyarankan untuk membuat skylight atau jendela atap yang bisa memaksimalkan cahaya masuk ke dalam dapur. 

Baca juga: 5 Ide Desain Jendela Dapur, Bikin Ruangan Lebih Terang

Cara lain untuk memaksimalkan pencahayaan di dapur yaitu dengan menggunakan jendela kaca besar tanpa gorden. Jendela besar membuat cahaya masuk dengan maksimal dan membuat ruangan lebih terang serta hangat. 

Jangan hanya menggunakan warna putih

Jika memiliki dapur gelap, mungkin pemilik rumah akan tergiur untuk mengecat seluruh ruangan dengan warna putih agar terlihat lebih terang. 

Anggapan ini sebenarnya tidak salah. Namun, mengecat seluruh dapur dengan warna putih bisa membuat dapur terlihat membosankan. 

Selain itu, memaksakan warna putih pada ruangan gelap, bisa membuat ruangan terlihat abu-abu dan kusam. 

Menurut Lior, dapur gelap pun bisa dicat dengan warna gelap seperti hitam. Kuncinya hanya pada pencahayaannya. Jika pencahayaan alami ada, maka warna gelap pun bisa membuat ruangan terlihat terang. 

Baca juga: 6 Skema Warna Dapur yang Membuat Dapur Lebih Cantik

Pilih warna pop

Selanjutnya, cara mengubah dapur gelap menjadi lebih terang yaitu menggunakan warna pop untuk mendekorasi ruangan. 

Warna pop identik dengan warna cerah seperti merah, biru, hijau, dan warna cerah lainnya. Semburat warna cerah bisa membuat dapur terlihat lebih berkarakter. 

Selain itu, warna yang cerah juga membuat dapur gelap yang awalnya terkesan murung, menjadi lebih ceria dan menyenangkan. 

Padukan berbagai jenis pencahayaan

Dapur gelap akan terasa lebih terang apabila semua sumber cahaya dipadukan dan dimaksimalkan. Pertimbangkan untuk menggunakan berbagai jenis lampu seperti sconce, lampu gantung, hingga lampu tersembunyi. 

Baca juga: 5 Jenis Lampu Dapur yang Membuat Ruangan Lebih Terang

Pencahayaan tersebut akan terlihat menyatu apabila diatur dengan tepat. Selain membuat dapur lebih cerah, memadukan berbagai jenis pencahayaan juga bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. 

Manfaatkan cermin

Terakhir, cara mengubah dapur gelap menjadi lebih terang yaitu memanfaatkan cermin. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa cermin bisa membuat ruangan gelap terlihat lebih terang. 

Sebab, cermin bisa memantulkan cahaya yang ada di ruangan tersebut dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. 

Cermin juga dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Jane Powell dari Roundhouse, menyarankan untuk memasang kaca cermin di area backsplash untuk menciptakan kesan lapang dan terang di dapur. 

Leave a comment