Informasi Terpercaya Masa Kini

Lenovo Luncurkan Yoga Portal, PC Mini Pesaing Mac Studio

0 13

KOMPAS.com – Lenovo baru saja meluncurkan sebuah produk baru bernama Yoga Portal di China, sebuah mini PC dengan casing berbentuk persegi yang ukurannya ringkas, hanya 195 x 191 x 108. Bobotnya pun ringan dengan kisaran 3,5 kg.

Casing Yoga Portal berdesain minimalis sehingga terlihat mirip dengan Mac Studio. Yoga Portal pun disebut-sebut sebagai pesaing dari komputer mini bikinan Apple tersebut.

Meskipun mungil, Yoga Portal menyimpan tenaga besar karena Lenovo menggunakan komponen-komponen standar desktop. Prosesornya adalah Intel Core i7-14700 (20 core, 8P + 12E, turbo 5,4 GHz).

Baca juga: Menjajal Fitur AI di Laptop Copilot Plus Lenovo Yoga Slim 7x, Ada Penerjemah 44 Bahasa

Kartu grafis yang digunakan juga powerful, berbasis GPU Nvidia GeForce RTX 4070 12 GB GDDR6X dengan desain custom berpendingin kipas blower sehingga bentuknya ringkas dan muat di dalam casing.

Komponen prosesor utama bisa diganti-ganti karena terpasang di socket 1700 standar dengan chipset Intel Q670. Namun, kartu grafisnya kemungkinan sulit di-upgrade lantaran menggunakan desain custom yang berbeda dari kartu-kartu grafis lain di pasaran.

Spesifikasi lain mencakup RAM DDR5 berkapasitas 32 GB, SSD M.2 NVMe PCIe 4.0 1 TB, serta power supply SFF 350 watt. Seperti CPU, komponen RAM dan SSD juga bisa diganti-ganti atau ditambah dengan mudah.

Yoga Portal memiliki 4 buah slot M.2. Dua di antaranya untuk SSD, satu untuk WLAN, dan satu lagi untuk NPU card alias akselerator AI dalam form factor M.2.

Baca juga: Laptop AI Lenovo Yoga Slim 7x Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Hal menarik lainnya dari Yoga Portal adalah mini PC ini menyediakan rangkaian konektor yang lengkap. Di sisi depan terdapat konektor jack audio 3,5 mm, dua buah USB A 3.2 Gen2, dan satu USB C 3.2 Gen2 x 2.

Di bagian belakang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari VideoCardz, Senin (29/7/2024), ada empat konektor DisplayPort 1.4, dua HDMI 2.1, dua USB A 3.2 Gen1, satu RJ-45 (ethernet),

Yoga Portal sebenarnya merupakan versi China dari ThinkCenter Neo Ultra yang pertama kali diperkenalkan pada CES 2024 dan telah lebih dulu meluncur pada awal Juli. Namun, terdapat perbedaan spesifikasi di antara keduanya.

ThinkCenter Neo Ultra memiliki pilihan prosesor hingga Core i9-14900T, tapi kartu grafisnya hanya Nvidia GeForce RTX 4060 8 GB GDDR6. Sementara, Yoga Portal hanya tersedia dalam satu konfigurasi spesifikasi seperti yang disebutkan di atas.

Peminat Yoga Ultra mesti merogoh kocek cukup dalam. Lenovo memasarkannya di China dengan banderol harga 17.999 yuan atau sekitar Rp 40,5 juta.

Leave a comment