Informasi Terpercaya Masa Kini

Prabowo Temui Jokowi di Istana, Lapor Pertemuan dengan Putin hingga Macron

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 2 Agustus 2024. Prabowo akan melaporkan hasil kunjungan kerja dari luar negeri selama satu pekan ini.

“Saya baru tiba kemarin sore, jadi hari ini saya minta waktu laporan kepada presiden kunjungan saya kemarin,” kata Prabowo sebelum bertemu Jokowi, Jumat 2 Agustus 2024.

Prabowo enggan mengelaborasi apa yang akan dibahas. “Nanti saya laporan ke kalian,” ucapnya.

Presiden terpilih melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa sejak 24-31 Juli 2024. Dalam rangkaian perjalanannya itu, Prabowo bertemu dengan para pemimpin di empat negara, yaitu Presiden Prancis Emmanuel Macron; Presiden Serbia Aleksandar Vucic; Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan; dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada kunjungan pertamanya ke Istana Elysee, Rabu, 24 Juli 2024, Prabowo disambut oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Mereka membahas seputar isu keamanan global dan rencana peningkatan kerja sama di bidang pertahanan, seperti modernisasi alutsista, industri pertahanan, pendidikan dan latihan serta forum dialog.

Tidak hanya bertemu Macron, di Prancis, Prabowo menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024, Sabtu, 27 Jul8 2024.

Usai dari Prancis, Prabowo terbang ke Serbia, pada Senin, 29 Juli 2024, untuk bertemu Presiden Aleksandar Vucic. Pertemuan keduanya untuk memperkuat dialog politik, mengembangkan serta mendorong kerja sama ekonomi di semua bidang yang dapat menguntungkan kedua negara.

Di hari yang sama pada 29 Juli, Prabowo terbang ke Turki menemui Presiden Recep Tayyip Erdogan. Prabowo merasa terhormat karena disambut langsung oleh Erdogan. Dalam kesempatan itu, Prabowo memberikan selamat pada Erdogan atas terpilihnya sebagai presiden.

Rusia menjadi pendaratan terakhir Prabowo dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Eropa. Eks Pangkostrad ini menemui Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow pada Rabu, 31 Juli 2024.

Pada pertemuan itu Prabowo dan Putin membahas penguatan kerja sama Indonesia-Rusia di berbagai bidang yang mencakup pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan dan pertahanan.

“Penekanan utama saya pada bagian ketahanan pangan; keamanan energi, dan pendidikan,” kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo dan Putin juga membahas kerja sama mengenai energi nuklir. Prabowo mengatakan saat ini sedang mendalami dan berdiskusi perihal potensi kerja sama dengan pihak Rusia.

Pilihan Editor: Upacara 17 Agustus Hanya Digelar di IKN, Tidak Ada Paskibraka Tambahan di Jakarta

Leave a comment