Informasi Terpercaya Masa Kini

Biji Pepaya Bisa Menyembuhkan Penyakit Apa Saja? Berikut 7 Daftarnya…

0 6

KOMPAS.com – Ekstrak biji pepaya kerap dijadikan sebagai salah satu obat herbal untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Lalu, biji pepaya bisa menyembuhkan penyakit apa saja?

Ternyata, biji pepaya bisa mengurangi gejala atau menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti infeksi jamur dan parasit, sembelit, nyeri menstruasi, dan kolesterol tinggi.

Namun, biji pepaya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, atau kurang dari satu sendok teh setiap hari saja, agar tidak berdampak negatif untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat biji pepaya untuk meringankan atau menyembuhkan beberapa jenis penyakit berikut ini.

Baca juga: Apa Manfaat Biji Pepaya jika Dimakan? Berikut 8 Daftarnya…

Biji pepaya bisa menyembuhkan penyakit apa saja?

Biji pepaya memiliki kandungan serat, lemak sehat, dan protein yang bisa mendukung kesehatan tubuh.

Disarikan dari Hindustan Times dan Healthline, berikut adalah beberapa jenis penyakit yang bisa diringankan gejalanya atau disembuhkan dengan konsumsi biji pepaya.

  • Berat badan berlebih

Biji buah pepaya memiliki kandungan serat pangan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mendukung penurunan berat badan.

Kandungan protein yang tinggi pada biji pepaya juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama yang secara tidak langsung membantu untuk menurunkan berat badan.

  • Nyeri menstruasi

Biji pepaya memiliki kandungan karoten yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi hormon estrogen.

Tidak akan membantu untuk melancarkan menstruasi, konsumsi biji pepaya juga bisa mengurangi nyeri yang muncul.

Baca juga: Apakah Biji Pepaya Bisa Menurunkan Kolesterol? Berikut Penjelasannya…

  • Kolesterol tinggi

Kandungan serat di dalam biji pepaya tidak hanya akan mendukung penurunan berat badan, tetapi juga akan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, kandungan asam oleat pada biji buah pepaya dan asam lemak tak jenuh tunggal lainnya dapat mengurangi kadar lemak jahat (LDL) yang akan mendukung kesehatan jantung.

  • Sembelit

Biji buah pepaya memiliki kandungan carpaine yang dapat mematikan cacing dan bakteri di dalam usus sehingga kesehatan saluran pencernaan tetap terjaga.

Kandungan serat di dalamnya juga dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit, serta mengurangi kembung.

  • Infeksi jamur dan parasit

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa biji pepaya bisa mematikan beberapa jenis jamur dan parasit.

Bahkan, ekstrak biji pepaya sudah terbukti secara efektif bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis patogen, termasuk yang bisa menyebabkan infeksi jamur vagina.

Baca juga: Apakah Biji Pepaya Baik untuk Ginjal? Berikut Penjelasannya…

  • Kerusakan ginjal

Konsumsi biji pepaya juga sudah terbukti dapat melindungi, dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal.

Bahkan, salah satu penelitian yang melibatkan hewan uji menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya bisa mencegah terjadinya kerusakan ginjal.

  • Kanker

Kandungan nutrisi dan antioksidan pada biji pepaya bisa mengurangi inflamasi dan mencegah perkembangan sel kanker.

Biji pepaya yang berwarna lebih gelap juga sudah terbukti dapat mengurangi perkembangan sel kanker prostat.

Memahami biji pepaya bisa menyembuhkan penyakit apa saja sangatlah penting sebelum Anda mulai mengonsumsinya secara teratur.

Meskipun terdapat beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan, konsumsinya perlu dibatasi, atau tidak lebih dari satu sendok teh setiap hari.

Pasalnya, makan biji pepaya secara berlebihan bisa berdampak negatif untuk kesehatan, seperti mengurangi kesuburan pada pria dan merusak sel tubuh yang sehat.

Baca juga: Apakah Biji Pepaya Bisa Menurunkan Kadar Gula? Berikut Penjelasannya…

Leave a comment