Informasi Terpercaya Masa Kini

Penjelasan UGM soal Putri Ariani Jadi Mahasiswa Baru Fakultas Hukum

0 18

KOMPAS.com – Peringkat 4 ajang pencarian bakat America’s Got Talent 2023 Putri Ariani berada di barisan mahasiswa Gadjah Mada Muda (Gamada) 2024.

Foto penampilan Putri menggunakan jaket almamater Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta beredar di media sosial X, dulunya Twitter, Senin (29/7/2024).

“PUTRI ARIANI? GAMADA?” tulis @notticity.

Nama Putri Ariani dikenal usai tampil di America’s Got Talent 2023. Dia merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu pop solo penyandang tunanetra.

Saat itu, ia menyanyikan lagu ciptaannya sendiri berjudul “Loneliness” dan mendapat Golden Buzzer. Putri juga mendapat standing ovation berkat penampilannya yang memukau dan berhasil finish peringkat 4 America’s Got Talent 2023.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Putri Ariani dan Penampilannya di Americas Got Talent 2023

Penjelasan UGM soal Putri Ariani kuliah di UGM

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM Sigit Priyanta mengkonfirmasi bahwa Putri Ariani menjadi salah satu mahasiswa baru UGM Fakultas Hukum tahun ajaran 2024/2025.

“Putri Ariani mendaftar melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) di bidang seni,” kata Sigit, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Dilansir dari laman UGM, jalur PBUB adalah jalur seleksi yang ditujukan bagi siswa pemenang atau juara lomba di bidang olahraga, seni, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sesuai program studi yang dipilih.

Tingkat kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.

Peserta yang mendaftar di jalur PBUB dapat memilih semua program studi (prodi) di UGM. Dalam hal ini, Putri Ariani memilih prodi Fakultas Hukum.

Tahun ini, total ada 16 mahasiswa baru UGM yang diterima melalui jalur PBUB Seni 2024.

Baca juga: Perjalanan Putri Ariani di Americas Got Talent: Dapat Golden Buzzer, Raih Juara 4

Putri Ariani memenuhi kriteria

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan bahwa Putri Ariani diterima menjadi mahasiswa baru Fakultas Hukum UGM karena memenuhi kualifikasi yang ditetapkan. 

Kriteria tersebut di antaranya kualifikasi akademik, prestasi seni atau olahraga, dan hasil pengujian keterampilan.

“Kandidat yang diterima dipastikan memenuhi semua kriteria tersebut,” kata Sigit.

Putri dinyatakan diterima di jalur PBUB lantaran memenuhi kriteria klaster olahraga dan seni untuk juara lomba seni. Berikut kriterianya:

  • Juara 1, juara 2, juara 3, juara 4, atau juara 5 kejuaraan seni internasional
  • Pernah mengikuti pementasan dan kegiatan tingkat internasional yang direkomendasikan oleh Dewan Kesenian atau Kebudayaan Daerah atau lembaga yang berwenang
  • Juara 1, juara 2, atau juara 3 Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) atau festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) atau Festival Literasi Siswa Indonesia dan lomba keagamaan sejenis tingkat nasional
  • Juara 1 atau juara 2 Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) atau festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) atau Festival Literasi Siswa Indonesia dan lomba keagamaan sejenis tingkat provinsi.

Masing-masing kejuaraan memiliki bobot yang berbeda. Namun, Sigit tidak menjelaskan pembobotan nilai kejuaraan tersebut.

Sebagai informasi, Putri memiliki prestasi juara 4 America’s Got Talent 2023. Hasil kejuaraan tersebut dijadikan sebagai salah satu kriteria dalam penentuan diterima atau tidaknya seorang calon mahasiswa

Selain memenuhi kriteria di atas, Putri juga memenuhi persyaratan umum yang ditetapkan untuk peserta jalur PBUB, berikut rinciannya:

  • Sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli pada tahun berjalan
  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat 1 (satu) tahun terakhir atau lulusan Paket C dalam 1 tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan)
  • Memiliki prestasi akademik baik dan konsisten;
  • Memiliki surat keterangan sedang menempuh kelas 12 atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang berada di kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah; atau
  • Memiliki ijazah bagi calon peserta lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 1 tahun terakhir.

Tak hanya memenuhi persyaratan, Putri juga dinyatakan lulus hasil pengujian keterampilan.

Pengujian keterampilan dilakukan dengan mengundang kandidat untuk menampilkan keahlian sesuai bidang masing-masing kepada tim seleksi yang dibentuk oleh UGM.

Sigit menjelaskan, pengujian dilakukan oleh Itu ada di tim seleksi khusus yang dibentuk UGM.

“Itu ada di tim seleksinya, tetapi pasti relevan dengan bidang keahlian masing2-masing peserta di Olahraga/Seni,” tandas Sigit.

Baca juga: Perjalanan Putri Ariani di Americas Got Talent: Dapat Golden Buzzer, Raih Juara 4

Mengaku senang dan bangga

Putri Ariani mengaku senang dan bangga menjadi salah satu mahasiswa baru UGM 2024/2025.

Ia mengatakan memerlukan waktu sekitar satu tahun baginya untuk memilih pendidikan terbaik bagi masa depannya.

“Banyak pertimbangan. Setahun ini banyak berpikir untuk kelanjutan pendidikan putri, akhirnya memilih di UGM. Putri pikir, UGM menjadi the right choice for me,” kata dia, dilansir dari laman UGM.

Putri juga menyampaikan alasannya memilih prodi ilmu hukum, Fakultas Hukum untuk studinya.

Peraih peringkat 4 America’s Got Talent 2023 itu mengaku ingin belajar sesuatu hal yang baru tidak hanya di bidang bernyanyi dan musik.

“Putri ingin belajar yang baru saja. Semoga bisa mengadvokasi teman putri yang difabel dan non difabel untuk meraih mimpi mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Putri merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Musik Indonesia atau SMKN 2 Bantul.

Meskipun mengambil studi yang berbeda dengan kariernya saat ini, Putri mengaku tidak akan berhenti bernyanyi. Ia berharap pendidikan dan kariernya bisa berjalan secara beriringan.

“Kalo putri ingin pendidikan dan karier berjalan beriringan dan kuliah akan lanjut. Tahun ini akan keluarkan album,” ceritanya.

Pada pembukaan PIONIR Gadjah Mada, Senin (29/7/2024), ia menjadi salah satu dari enam perwakilan mahasiswa baru yang berkesempatan disematkan jas almamater oleh Rektor UGM sebagai tanda diterima menjadi mahasiswa baru UGM.

Leave a comment