Informasi Terpercaya Masa Kini

Memasang TV di Kamar Tidur, Boleh atau Tidak?

0 8

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, mengakhiri hari yang sibuk dengan menonton televisi (TV0 di tempat tidur yang nyaman adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Ini adalah kesempatan menonton acara-acara seru dan menyenangkan diri. Namun, memasang TV di kamar tidur tak selalu baik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Layar TV agar Bebas Debu dan Awet

Percaya atau tidak, ada sekelompok desainer interior menganggap model TV tertentu dapat mengurangi estetika desain kamar tidur secara keseluruhan.

Belum lagi, TV di kamar tidur berpotensi mendatangkan malapetaka pada rutinitas tidur seseorang.

Alasan tidak memasang TV di kamar tidur 

Rayman Boozer, desain interior dari Apartment 48 Interior Design di New York, Amerika Serikat (AS), mengatakan titik fokus di kamar tidur mana pun haruslah tempat tidur. 

“Masalah kronis dengan televisi adalah ketika mati, yang sering terjadi. Televisi terlihat seperti kotak hitam,” ucap Boozer. 

Kecuali jika tema dekorasi Anda adalah hitam dan putih atau kombinasi warna hitam dan warna lain, kotak hitam itu akan mengganggu.

Meski begitu, kata Boozer, menonton TV di tempat tidur bukan hal salah. “Sekarang, kita memiliki pilihan lain, seperti laptop dan iPad, yang tidak perlu dipajang atau diintegrasikan ke dalam dekorasi. 

Baca juga: 5 Cara Meletakkan TV di Ruang Tamu Kecil

Namun, Regan Baker, desainer interior asal San Francisco, mengatakan memasang TV di kamar tidur dapat mempengaruhi tujuan sebenarnya dari ruang tersebut.

“Kamar tidur seharusnya menjadi tempat yang damai dan tenang, Anda bisa memprioritaskan istirahat dan tidur,” kata Baker.

Memasang TV di kamar tidur dapat menyulitkan untuk mengaktifkan lingkungan yang tenang dan mengurangi kemampuan Anda untuk memprioritaskan tidur setiap hari. 

Senada dengan Baker, Marie Cloud, desainer interior dari Indigo Pruitt Design Studio, menjelaskan kamar tidur harus menjadi tempat yang didedikasikan untuk beristirahat, relaksasi, dan saat-saat intim.

Memasang TV di kamart tidur dapat mengganggu ketenangan dan tujuan ruangan. Kamar tidur seharusnya menjadi tempat seseorang bersantai, tidur nyenyak, dan membina hubungan pribadi tanpa gangguan layar. 

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel TV dengan Aman dan Rapi

“Dengan menjaga kamar tidur bebas dari TV, kami menghormati esensi sejati kamar tidur, memastikan kamar tidur tetap menjadi tempat peristirahatan yang menyehatkan tubuh dan jiwa,” ujar Cloud. 

 

Namun, si sisi lain, ada beberapa desain interier yang tidak mempermasalahkan memasang TV di kamar tidur.

Kirsten Blazek, desainer interior utama dan pemilik A1000XBETTER Studio, mengatakan suka bersantai di tempat tidur pada malam hari dan menonton acara sebelum tidur.

“Jadi, saya tidak bisa menilai klien saya jika mereka menginginkan TV di kamar tidur,” kata Blazek. 

Baca juga: 6 Ide Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga Saat Tidak Menyala

Bagaimana cara membuat TV di kamar tidur bekerja

Terlepas dari apakah desainer interior menganggap TV adalah pilihan baik, satu hal yang tidak dapat disangkal adalah sebagian besar klien mereka menginginkannya.

“Meski ada tabu memasang TV di kamar tidur, kenyataannya 90 persen klien kami menginginkannya,” ungkap Ali Budd, bintang Hulu’s House of Ali dan desainer interior utama di Ali Budd Interiors. 

Hal yang perlu diperhatikan saat memasang TV di kamar tidur adalah mengintegrasikannya dengan lebih mulus:

  • Perhatikan dengan seksama desain TV 

Ali menekankan TV di kamar tidur harus ditenun ke dalam ruangan semulus mungkin. Sama dengan mengintegrasikan TV dengan hati-hati ke dalam ruang keluarga, kamar tidur juga dapat memperoleh manfaat dari pertimbangan desain yang cermat, seperti ketinggian yang optimal, kabel yang tersembunyi, dan estetika yang ramping. 

Baca juga: 7 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

  • Sediakan tempat khusus untuk TV  jika memungkinkan 

Beker mengatakan buatlah zona khusus atau area duduk tersembunyi yang dapat digunakan untuk menonton TV dan tidak berdekatan dengan tempat tidur.

“Ini akan membuat perbedaan jelas antara tempat Anda bersantai dan menikmati TV serta tempat beristirahat dan tidur.

  • Pikirkan cara menyembunyikan TV 

Boozer memiliki cara apik menyembunyikan TV di kamar tidur. “Gunakan kabinet pengangkat TV di kaki tempat tidur, yang dengan mulus memperlihatkan dan menyembunyikan layar. 

“Model ini sering kali belum selesai, jadi Anda bisa memilih warna cat yang bagus untuk Anda sendiri,” tutup boozer. 

Perdebatan memasang TV di kamar tidur, balik lagi pada gaya hidup dan kebiasaan tidur Anda.

Leave a comment