Informasi Terpercaya Masa Kini

Xiaomi Berhenti Dukung Belasan Ponsel, Termasuk Seri Mi 10 dan Redmi Note 10

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Xiaomi baru-baru ini memperluas daftar End-of-Life (EOL), dengan mengakhiri dukungan perangkat lunak untuk lebih dari sepuluh ponsel pintar di seluruh merek Xiaomi, Redmi, dan Poco. Ini termasuk model populer seperti seri Xiaomi Mi 10 dan jajaran Redmi Note 10, sebagaimana dilaporkan Gizmochina, 27 Juli 2024.

Secara khusus, mengutip laporan Xiaomi 25 Juli lalu, perangkat Xiaomi yang tidak didukung kini mencakup model Xiaomi Mi 10S, Mi 10 Pro, Mi 10, Mi 10 Ultra, dan Mi 11 Lite 5G, yaitu:

– Xiaomi Mi 10S (CN)

– Xiaomi Mi 10 Pro (EEA, Global, CN)

– Xiaomi Mi 10 (TR, ID, EEA, IN, EN, Global, CN)

– Xiaomi Mi 10 Ultra (CN)

– Xiaomi Mi 11 Lite 5G (JP)

Bagi pengguna Redmi, daftar EOL juga memengaruhi seri Redmi Note 10 kelas menengah yang populer, yang diluncurkan pada tahun 2021. Berikut ini semua ponsel pintar Redmi yang terpengaruh:

– Redmi Note 10 Pro (ID, EEA, Global)

– Redmi Note 10 (TR)

– Redmi Note 10 5G (TW, TR)

– Redmi Note 10T (EN)

– Redmi Note 8 (2021) (EEA, EN)

Beralih ke Poco ponsel juga termasuk dalam daftar EoL:

– Poco M3 Pro 5G (EN, TR)

Keputusan ini berarti perangkat ini tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak rutin, termasuk fitur baru, perbaikan bug, atau patch keamanan penting yang melindungi dari kerentanan dan malware.

Ini bukan langkah yang sama sekali tidak terduga dari Xiaomi. Produsen ponsel pintar biasanya menawarkan dukungan perangkat lunak untuk beberapa tahun terbatas, baik itu ponsel murah atau ponsel unggulan.

Pengguna dengan perangkat pada daftar EoL kini memiliki beberapa pilihan. Mereka dapat terus menggunakan perangkat mereka saat ini dengan pemahaman bahwa mereka mungkin mengalami kerentanan keamanan atau masalah kompatibilitas dengan aplikasi yang lebih baru. Atau, mereka dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan ke model yang lebih baru untuk dukungan perangkat lunak dan keamanan yang berkelanjutan.

Untuk pengguna yang paham teknologi, komunitas ROM kustom mungkin menawarkan opsi firmware alternatif, tetapi memiliki risikonya sendiri dan memerlukan tingkat keterampilan teknis tertentu.

Pilihan Editor: Jakarta Diperkirakan Cerah Berawan Sepanjang Hari

Leave a comment