Informasi Terpercaya Masa Kini

PBNU Berencana Bentuk Tim untuk Rebut Kembali PKB

0 8

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf mengungkapkan, PBNU berencana membentuk tim lima atau panitia khusus (pansus) terkait Partai kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa tim tersebut dibentuk sebagai upaya PBNU untuk meluruskan sejarah sekaligus merebut kembali PKB ke pemilik sahnya yakni PBNU.

“PBNU sedang berdiskusi. Jika diperlukan, pembentukan tim lima akan segera dilakukan. Langkah ini setelah melihat pernyataan elite-elite PKB yang ahistoris. Ada tanda-tanda mereka akan membawa lari dari sejarah berdirinya PKB,” kata Gus Ipul dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7/2024).

Ia menjelaskan, tim lima yang sedang digagas ini akan menyerupai tim yang dibentuk oleh PBNU pada awal masa reformasi untuk mendirikan PKB.

Baca juga: PKB dan Sejarah Kelahirannya yang Lekat dengan NU

Gus Ipul menyebutkan, tim akan segera diwujudkan setelah mendapatkkan persetujuan dari Rais Aam KH Miftachul Ahyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

“Kita akan undang bergabung seluruh tokoh, para aktivis NU untuk dimintai pendapatnya terkait hal ini,” kata Gus Ipul.

Menurut dia, elite PKB saat ini banyak membuat pernyataan yang melenceng dari fatsun awal berdirinya PKB.

Bahkan, ia menuding ada upaya yang nyata dan sistematis yang dilakukan elit PKB untuk menjauhkan PKB dari struktural NU.

Baca juga: Profil PKB: Suara NU, Sosok Gus Dur, dan Kepemimpinan Cak Imin Kini

Ia lantas mengingatkan bahwa PKB didirikan oleh struktur NU, mulai dari PBNU hingga tingkat ranting, sehingga PKB tidak akan pernah terbentuk tanpa struktur NU.

Adapun beberapa pernyataan elite PKB yang dianggap jauh dari sikap NU adalah pernyataan elite PKB yang menganggap PBNU tidak perlu didengarkan.

Padahal, Gus Ipul menegaskan, tanpa mendengarkan PBNU, PKB terbukti gagal dalam proses Pemilihan Presiden 2024.

Leave a comment