Informasi Terpercaya Masa Kini

KAI Luncurkan Kereta Blambangan Ekspress Rute Sepanjang 1.031 Kilometer

0 8

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANG — Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (Persero) Hadis Surya Palapa meluncurkan perpanjangan rute perjalanan Kereta Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang di Kabupaten Banyuwangi menuju Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2024).

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, sebelumnya relasi Kereta Blambangan Ekspres adalah Ketapang-Semarang Tawang Bank Jawa Tengah. Kemudian, PT KAI memutuskan memperpanjang menjadi relasi Ketapang-Pasar Senen.

Baca: Pangkoopsudnas Ikut Terbang dan Bermanuver Bersama Jet Rafale

“Diperpanjangnya rute KA Blambangan Ekspres ini menjadi jawaban bagi tingginya animo masyarakat wilayah Tapal Kuda untuk bepergian menuju Jakarta,” katanya seusai meluncurkan perjalanan perdana Kereta Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Menurut Hadis, perpanjangan rute perjalanan Kereta dari Banyuwangi ke Jakarta, juga sebagai bentuk dukungan PT KAI kepada Banyuwangi yang saat ini sudah menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit. Dia menyebut, Kereta Blambangan Ekspres menjadi kereta dengan jarak tempuh terjauh yang dioperasikan oleh KAI sepanjang 1.031 kilometer dengan waktu tempuh 16 jam 25 menit.

Baca: Konsul RI di Tawau Terima Kunjungan Danrem Maharajalila

Kereta Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pukul 14.50 WIB dan tiba di tujuan Stasiun Pasar Senen pukul 07.15 WIB. Sedangkan arah sebaliknya, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.55 WIB. “Total kapasitas sebanyak 408 tempat duduk yang dibagi dalam dua layanan, yaitu kelas eksekutif dan ekonomi new generation, menjadikan perjalanan dengan Kereta Blambangan Ekspres semakin nyaman dan menyenangkan,” kata Hadis.

Dia menyebutkan, harga tiket Kereta Blambangan Ekspres dari Banyuwangi tujuan Jakarta untuk kelas ekonomi Rp 505 ribu. Sedangkan untuk kelas eksekutif dengan harga Rp 775 ribu.

Pada keberangkatan perdana Kereta Blambangan Ekspres menuju Jakarta pada Jumat, sebanyak 71 penumpang dari Stasiun Ketapang. Adapun tiket yang terjual untuk keberangkatan dari PT KAI Daop 9 Jember total sebanyak 278 tiket atau 68 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Baca: Bertemu Wapres, KSAL Akui Bahas Keamanan Laut China Selatan

“KAI mengucapkan terima kasih atas respons positif masyarakat atas perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres, dan kami harap perpanjangan rute ini dapat meningkatkan kunjungan wisata di Banyuwangi dan sekitarnya dengan kemudahan transportasi yang dihadirkan oleh KAI,” kata Hadis.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih dengan perpanjangan rute perjalanan Kereta Blambangan Ekspres, yang tentunya berdampak positif terhadap kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu. “Kami juga ingin menyampaikan keinginan masyarakat Banyuwangi, rute perjalanan dari Banyuwangi ke Malang juga perlu ditambah,” tutur Ipuk.

Leave a comment