Informasi Terpercaya Masa Kini

Ridwan Kamil Ungkap Kemungkinan KIM Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah di Jakarta dan Jabar “Last Minute”

0 13

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Gubernur Jawa Barat yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengumumkan bakal calon kepala daerah (bacakada) untuk Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, mendekati waktu pendaftaran.

Hal ini ia sampaikan usai ditanya siapa saja sosok potensial dimajukan oleh KIM untuk Pilkada Jakarta.

Mulanya ia menyebut bahwa namanya masih masuk dalam hitung-hitungan KIM untuk Pilkada Jakarta.

“(Lalu) ada Pak Jusuf Hamka. Kalau dari Golkar sempat juga. Kalau feeling saya sih, Jakarta (dan) Jabar itu last minute,” kata Ridwan Kamil ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2024) sore.

Perlu diketahui, Jusuf Hamka yang merupakan pengusaha jalan tol, beberapa waktu lalu diberikan surat instruksi oleh Partai Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta.

Baca juga: Ridwan Kamil Akui Cocok jika Berpasangan dengan Bima Arya atau Desy Ratnasari pada Pilkada Jabar

Golkar tak mematok Jusuf Hamka menjadi bakal calon gubernur atau harus wakil gubernur Jakarta. Namun, Ridwan Kamil menyebut bahwa soal siapa sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat masih dinamis.

“Nah itu, Jakarta (dan) Jabar itu masih dalam pembahasan. Sehingga namanya saya itu belum per hari ini diputuskan secara resmi, kalau nanti resmi itu kan saya undang wartawan,” ungkapnya.

Meski begitu, ditanya lebih nyaman di mana, Ridwan Kamil mengaku lebih nyaman maju di Jawa Barat.

Ia juga mengatakan bahwa di provinsi itu dirinya diperkirakan menang dengan mudah.

“Tapi kalau zona nyaman, mudah menangnya, menurut hitungan, matematika survei dan keyakinan tentu ya di Jawa Barat,” kata dia.

“Tapi karena belum diputuskan, ya tentu saya nunggu, jadi saya enggak bisa bilang saya sudah ke mana, ke mana,” tambahnya.

Baca juga: Tak Masalah Anies Dapat Dukungan Parpol di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil: Saya Ucapkan Selamat

Sebagai informasi, KIM hingga kini memang belum memutuskan soal Pilkada Jakarta dan Jabar.

Namun, nama-nama potensial untuk dicalonkan sudah lama beredar di lingkungan partai politik pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 ini.

Salah satu nama yang beredar sejauh ini di KIM adalah Ridwan Kamil. Mantan Gubernur Jabar itu dimungkinkan maju di Jakarta atau Jabar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini parpolnya tetap memberikan dua surat penugasan di Pilkada Jabar dan Pilkada DKI Jakarta untuk pria yang akrab disapa Emil itu.

Golkar melihat potensi Emil untuk menang di dua daerah itu sama-sama menjanjikan.

“Ridwan Kamil tuh tetep Golkar memberikan dua surat penugasan. Satu di Jawa Barat dan satu di DKI Jakarta,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Leave a comment