Informasi Terpercaya Masa Kini

Bintang-bintang GIIAS 2024 yang Wajib Dilihat, Model Baru hingga Konsep

0 8

Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 bertabur bintang lewat sejumlah model baru hingga yang berupa konsep. Lebih dari selusin kendaraan atraktif yang wajib Anda lihat lebih dekat selama berkunjung ke sini.

Tidak hanya mobil bermesin bakar internal atau internal combustion engine (ICE), masyarakat akan disuguhkan dengan berbagai macam teknologi elektrifikasi meliputi hibrida (HEV/PHEV), listrik murni (BEV), hingga flexy fuel.

GIIAS 2024 masih digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang hingga Minggu (28/7/2024). Untuk weekdays buka dari jam 11:00-21:00, sementara weekend dimulai dari pukul 10:00-21:00 WIB.

Berikut rangkuman kendaraan-kendaraan menarik dari kumparanOTO.

Toyota Prius HEV/PHEV

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali memperkuat lini mobil hibridanya dengan meluncurkan Toyota Prius Hybrid Electric Vehicle (HEV) generasi terbaru dengan harga Rp 698 juta, sekaligus memperkenalkan versi Plug-in HEV atau PHEV.

Toyota GR Yaris

Selain kendaraan ramah lingkungan, TAM juga ikut meluncurkan Toyota GR Yaris terbaru. Model ini mendapat ubahan cukup signifikan dibanding dengan versi sebelumnya, menjanjikan kesenangan berkendara yang lebih baik.

Kabar baiknya, Toyota GR Yaris anyar ini tidak dibatasi dari jumlah pemesanan, sehingga lebih banyak kesempatan bagi masyarakat luas untuk memilikinya. Pabrikan membanderol hothatch ini dengan harga Rp 1,1 miliar untuk transmisi manual dan otomatik Rp 1,198 miliar.

Honda e:N1

PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan dua jenis kendaraan elektrifikasi yang berbeda, salah satunya adalah mobil listrik Honda e:N1 alias HR-V versi elektrik. Model ini pertama kali dijual di China hingga merambah ke Eropa dan juga Thailand.

Lexus LBX

Brand premium Lexus juga tak mau ketinggalan dengan meluncurkan crossover hybrid mereka yang diberi nama LBX. Pabrikan menyebutnya The First and The Only Luxury Compact Car dan dipasarkan di bawah Rp 1 miliar.

“LBX hadir dengan dua tipe, Luxury dan Sport. Untuk Luxury dibanderol Rp 895 Juta (OTR Jakarta). Yang Sport harganya Rp 942 Juta (OTR Jakarta),” General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma.

Lexus Electrified Sport Concept

Bila berkunjung ke booth Lexus jangan sampai terlewat untuk mengamati lebih dekat dengan model purwarupa Lexus Electrified Sport Concept. Mobil konsep ini pertama kali muncul pada 2021 lewat sebuah presentasi Toyota Motor Corporation.

Melihat dari wujudnya, model ini sarat dengan kendaraan kecepatan tinggi. Bentuknya sekilas mengingatkan dengan sportcar legendaris mereka yakni Lexus LFA, dikatakan calon mobil listrik ini menjanjikan daya tempuh 700 kilometer sekali cas.

Mazda CX-60 Pro

Mazda CX-60 Pro sapa masyarakat Indonesia untuk pertama kalinya. SUV bongsor premium itu dilepas dengan banderol Rp 799 juta dan disebut membawa filosofi ‘Perfect Jinba-ittai’ serta teknologi dan kualitas tinggi dari brand asal Hiroshima, Jepang itu.

Daihatsu me:MO

Untuk pertama kalinya, PT ADM memboyong salah satu mobil listrik konsep mereka yaitu Daihatsu me:MO. kumparan sejatinya sudah pernah melihatnya langsung di Japan Mobility Show 2023 lalu dan kini bisa diamati lebih dekat oleh masyarakat Indonesia.

Daihatsu me:MO merupakan salah satu purwarupa kendaraan listrik niaga selain Uniform Cargo dan Osanpo. BEV ini menawarkan tingkat utilitas tinggi dan kustomisasi sangat fleksibel untuk kebutuhan mobilitas komersil yang ramah lingkungan.

Daihatsu Xenia ADS X

Buat yang sedang melirik Daihatsu Xenia terbaru, bisa langsung melihat varian barunya yang dinamakan ADS X. Tampilan sporty jadi nilai jual utama, pabrikan memberi beberapa sentuhan kosmetika pada bagian eksterior dan interiornya.

Misalnya ada aero kit dari depan, samping, dan belakang. Kemudian skema warna dual tone hingga tambahan aksen cutting sticker yang menambah kesan gahar. Mengenai harga disebut akan menyusul, jelasnya Xenia ADS X akan tersedia dua pilihan mesin 1.3 dan 1.5.

Wuling BinguoEV 7th Anniversary

Wuling Motors punya cara unik untuk merayakan eksistensi mereka yang ke-7 tahun di Indonesia dengan menghadirkan Wuling BinguoEV edisi terbatas. Mobil listrik itu diberi sentuhan motif khusus.

Memanfaatkan pameran GIIAS 2024, Wuling BinguoEV Premium Range edisi spesial 7th Anniversary yang hanya tersedia sebanyak 1.000 unit dengan harga Rp 372 jutaan on the road (OTR) Jakarta.

Suzuki eVX

Mobil listrik konsep Suzuki eVX tampil memukau di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Kehadirannya di Indonesia merupakan yang pertama kali untuk regional Asia Tenggara.

eVX merupakan mobil listrik konsep pertama dalam wujud SUV yang nantinya bisa dikendarai di kondisi on-road maupun off-road. Lebih lanjut, daya tempuh mobil listrik konsep Suzuki eVX dikatakan bisa menempuh jarak 500 kilometer.

Hyundai IONIQ 5 N

GIIAS 2024 juga jadi panggung bagi Hyundai IONIQ 5 N tampil perdana di Tanah Air. Menariknya, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sudah membuka harga Rp 1,3 miliar. Dibanding dengan versi regularnya, versi buas IONIQ 5 ini menawarkan hal berbeda.

Peluncuran IONIQ 5 N juga menandai langkah awal eksistensi sub-brand performa N Brand di dalam negeri. Keseimbangan performa dan efisiensi daya menawarkan keasyikan berkendara menjadi nilai jual utama dari IONIQ 5 N.

Hyundai Kona Electric

Setelah diperkenalkan tahun lalu, harga mobil listrik Hyundai Kona Electric resmi diumumkan di GIIAS 2024. Juga untuk pertama kalinya, masyarakat Indonesia bisa mengeksplorasi lebih dekat model elektrik Hyundai kedua yang diproduksi dalam negeri.

Kona Electric dipasarkan mulai dengan harga Rp 499 juta untuk varian Style, Rp 515 juta Prime Standard Range, Rp 560 juta Prime Long Range, Rp 575 juta Signature Standard Range, dan Rp 590 juta untuk varian Signature Long Range.

Mitsubishi Triton

Generasi Mitsubishi Triton melakukan debutnya di Indonesia saat hari pertama GIIAS 2024. Jenama asal Jepang itu menghadirkan dua jenis konfigurasi sekaligus, berikut detail harganya.

  • Mitsubishi Triton Double Cabin Ultimate 4×4 A/T Rp 525,6 juta

  • Mitsubishi Triton Double Cabin Ecxeed 4×4 M/T Rp 491,8 juta

  • Mitsubishi Triton Double Cabin GLS 4×4 M/T Rp 447,9 juta

  • Mitsubishi Triton Double Cabin HDX 4×4 M/T Rp 426,6 juta

  • Mitsubishi Triton Single Cabin HDX 4×4 M/T Rp 377,1 juta

  • Mitsubishi Triton Single Cabin GLX 4×2 M/T Rp 301,3 juta.

Nissan Serena e-Power

Pilihan mobil jenis hybrid di Indonesia bertambah dengan kehadiran Nissan Serena e-Power. Nissan Distributor Motor Indonesia meniagakannya dengan harga Rp 635 juta untuk warna single tone dan dan dual-tone Rp 639,5 juta.

Di atas kertas teknologi e-Power pada Nissan Serena terbaru ini menjanjikan tenaga 160 dk dengan torsi 315 Nm. Menariknya khusus model yang dijual di Indonesia, telah dilengkapi fitur keselamatan aktif ProPILOT Assist.

BYD M6

Seperti belum usai, BYD Indonesia terus gencar menelurkan produk terbaru. Cukup mengagetkan ketika perusahaan teknologi asal China itu memutuskan untuk meluncurkan MPV listrik pertama di Tanah Air yakni BYD M6.

BYD M6 yang meluncur di Indonesia hadir dalam dua format: 6 dan 7 penumpang, khusus yang pertama konfigurasinya 2-2-2. Sementara kapasitasnya yang lebih banyak hadir dalam konfigurasi jok 2-3-2, mengenai harga dibuka Rp 379 juta.

Hino 300 series 136 HDL 6×2

Tak ketinggalan sektor komersil, Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan varian baru dari Hino 300 series yakni 136 HDL 6×2. Keunikannya adalah truk berukuran kompak tetapi dilengkapi dua gardan di belakang sehingga total rodanya ada 10.

Isuzu Elf EV

Truk listrik Isuzu Elf EV ikut meramaikan pameran GIIAS 2024, model yang dipamerkan merupakan generasi terbarunya. Kehadirannya sebagai bentuk perayaan 50 tahun Isuzu di Indonesia, dengan tema 50 tahun Isuzu Terus Bertumbuh.

Elf EV yang dipajang merupakan unit prototipe, namun masyarakat luas sudah bisa mengintip lebih dekat teknologi dan wujudnya selama sebelas hari pameran.

Fuso eCanter

Berbeda dengan Fuso yang sudah menyatakan menjual truk listrik mereka eCanter di Indonesia. Lewat helatan GIIAS 2024, pabrikan menampilkan beberapa model contoh utilitas yang dapat digunakan oleh eCanter.

***

Leave a comment