Informasi Terpercaya Masa Kini

Muhammad Kafiatur, Pembeda di Timnas U19 Indonesia Saat Bekuk Kamboja

0 16

KOMPAS.com – Nama Muhammad Kafiatur Rizky menjadi perhatian setelah pelatih timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri, memutuskan memainkannya di laga kedua penyisihan Grup A Piala AFF U19 2024 melawan Kamboja.

Hasilnya, dia menjadi aktor kemenangan 2-0 yang diraih Indonesia atas Kamboja di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam.

Ia mampu menjadi aktor dari dua gol yang dicetak Kadek Arel pada menit ke-71 dan Iqbal Dwijangge pada menit ke-87 melalui skema set pieces.

Seusai laga melawan Kamboja, Indra Sjafri memberi pujian atas kualitas permainan yang ditunjukkan Kafiatur Rizky.

Baca juga: Kata Kadek Arel Usai Jadi Man of The Match Kemenangan Indonesia atas Kamboja

Penampilan apik pemainnya itu mulai dipertimbangkan untuk masuk dalam starting eleven di laga pamungkas babak penyisihan grup melawan Timor Leste.

“Dia kuat pegang bola, distribusinya bagus, dan dia cepat untuk switch play melakukan passing-passing ke temannya juga akurat,” ucap Indra Sjafri.

“Saya pikir ini menjadi modal bagi Kafiatur untuk bisa dapat tempat untuk pertandingan selanjutnya,” tutur pelatih asal Sumatera Barat itu.

Sebelumnya, Kafiatur Rizky tidak masuk dalam starting eleven tim maupun pemain pengganti di laga sebelumnya saat melawan Filipina, yang berakhir dengan kemenangan telak Indonesia 6-0.

Baca juga: 4 Fakta Indonesia Bekuk Kamboja di Piala AFF U19, Bek Subur Lini Serang Tumpul

Namun, ia mampu menunjukkan magisnya di laga melawan Kamboja yang sukses menjadi pembeda saat tim mengalami deadlock sepanjang 70 menit laga berjalan.

Pemain bernomor punggung 10 itu masuk di babak kedua menggantikan Toni Firmansyah. 

Indra Sjafri menuturkan alasannya tidak menurunkan Kafiatur Rizky sejak laga perdana adalah karena faktor kebugaran yang baru saja pulih dari menjalani pemulihan cedera.

Dia masih ragu menurunkannya di laga melawan Filipina lalu dan lebih memilih menurunkannya di laga melawan Kamboja kemarin.

“Kafiatur kemarin ada sedikit masalah karena tiga minggu dia cedera. Jadi, ini pun dia masih dalam pemulihan,” ucapnya.

“Namun, dokter sudah jamin, dia sudah oke dan saya coba memainkan di di babak kedua dan momennya pas,” ujar Indra Sjafri.

“Sebenarnya, kemarin waktu lawan Filipina kami sudah mau memainkan dia. Namun, kami lebih memilih Welber Jardim,” katanya.

Leave a comment