Informasi Terpercaya Masa Kini

Joe Biden Mundur, Hunter, Barack Obama, dan Ilhan Omar Memujinya

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Kandidat presiden inkumben dari Partai Demokrat, Joe Biden, akhirnya menyatakan mundur dari pencalonan Presiden Amerika Serikat pada Minggu, 21 Juli 2024. Para tokoh Demokrat memujinya. Biden juga mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon presiden baru dari partainya.

Hunter Biden, putra kedua Joe Biden, memuji keputusan bapaknya tersebut. “Sepanjang hidup saya, saya memandang ayah saya dengan kagum. Bagaimana dia bisa menderita begitu banyak sakit hati namun tetap memberikan begitu banyak sisa hatinya kepada orang lain?” kata Hunter dalam pernyataannya. “Tidak hanya dalam kebijakan-kebijakan yang ia keluarkan, namun juga dalam kehidupan individu yang ia sentuh.”

“Dia unik dalam kehidupan publik saat ini, karena tidak ada jarak antara Joe Biden sebagai manusia dan Joe Biden sebagai pelayan publik selama 54 tahun terakhir,” kata Hunter.

“Saya sangat beruntung setiap malam saya bisa mengatakan kepadanya bahwa saya mencintainya, dan berterima kasih padanya. Saya meminta seluruh warga Amerika untuk bergabung dengan saya malam ini dalam melakukan hal yang sama,” ujar Hunter.

Mantan Presiden Amerika Barack Obama memuji Biden. “Joe Biden adalah salah satu presiden Amerika yang paling penting, juga sahabat dan mitra yang baik bagi saya. Kini, kita juga diingatkan – lagi – bahwa dia adalah seorang patriot pada urutan tertinggi,” kata Obama dalam pernyataannya.

Obama juga mengakui betapa sulitnya keputusan yang diambil Biden saat ini. “Baginya, melihat lanskap politik dan memutuskan bahwa ia harus menyerahkan jabatannya kepada calon baru tentu merupakan salah satu hal terberat dalam hidupnya,” tulis Obama.

“Tetapi saya tahu dia tidak akan mengambil keputusan ini kecuali dia yakin keputusan itu tepat untuk Amerika,” ujar Obama. “Ini adalah bukti kecintaan Joe Biden terhadap negaranya – dan contoh bersejarah dari seorang pelayan publik yang sejati yang sekali lagi mendahulukan kepentingan rakyat Amerika di atas kepentingannya sendiri, sehingga generasi pemimpin masa depan sebaiknya mengikutinya.”

Ilhan Omar, anggota Kongres dari Partai Demokrat, juga memuji keputusan Biden. “Ini adalah keputusan yang diambil oleh Presiden dan saya berterima kasih atas pengabdiannya selama bertahun-tahun kepada negara kita,” tulisnya di X. “Senang sekali bisa mendukung Kamala Harris sebagai calon dari Partai Demokrat dan tetap berkomitmen untuk bekerja bersamanya untuk mengalahkan Donald Trump pada bulan November.”

Setelah menyatakan mundur, Joe Biden kemudian mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon presiden baru dari Demokrat. “Keputusan pertama saya sebagai calon partai pada tahun 2020 adalah memilih Kamala Harris sebagai wakil presiden saya. Dan itu adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat. Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan sokongan penuh saya agar Kamala menjadi calon dari partai kita tahun ini,” kata Biden. “Demokrat – inilah waktunya untuk bersatu dan mengalahkan Trump. Mari kita lakukan.”

Pilihan editor:

  • Joe Biden Mundur dari Pencalonan Presiden, Serahkan Nominasi ke Kamala Harris
  • Kecolongan Drone Houthi, Israel Balas Serang Pelabuhan Al-Hudaydah di Yaman
  • CrowdStrike Windows Down, Sistem Keamanan Pentagon Amerika Kena Juga?
  • Detik-detik Drone Houthi Yaman Tembus Pertahanan Udara dan Hantam Gedung di Tel Aviv, Israel Panik
Leave a comment