Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Warna Cat yang Dapat Membuat Kamar Tidur Kecil Lebih Bergaya

0 16

JAKARTA, KOMPAS.com – Kamar tidur yang ringkas tidak harus gagal dalam hal gaya. Kenyataannya, kamar tidur kecil juga dapat tampil cantik dan terlihat lebih luas. 

Salah satu cara paling efektif dan terlihat nyata adalah mengecat ruangan. Cat menjadi solusi cepat yang bagus dan tersedia dalam banyak warna yang menakjubkan untuk dipilih. Anda dapat menemukan satu warna cat yang paling disukai. 

Baca juga: 6 Cara Mendesain Kamar Tidur Terasa Nyaman Hotel Bintang 5

Patrick O’Donnell, duta merek internasional untuk Farrow & Ball, mengatakan jika kamar tidur kecil diberkahi banyak cahaya alami, terutama kamar yang menghadap ke selatan, manfaatkanlah kelebihan ini dengan mempertimbangkan warna-warna lembut yang menenangkan dan membuat rileks. 

“Apa pun yang termasuk dalam keluarga pastel, tapi tidak ada terlalu tajam atau manis, seperti warna pink lembut, hijau pucat yang menenangkan, bahkan putih pucat yang lembut, semuanya akan beresonansi baik dengan cahaya,” kata O’Donnell. 

Sebaliknya, apabila cahaya yang ada terbatas atau minim, seperti kamar tidur kecil menghadap ke utara yang berpotensi membingungkan, pilihl warna cat lebih gelap.

“Ini bisa bekerja sangat baik, terutama jenuh dalam satu warna, seperti biru tua atau warna yang lebih terinspirasi dari alam, seperti olive,” ucap O’Donnell. 

Tak hanya dinding yang perlu dipertimbangkan, perabot terbesar di kamar tidur, seperti tempat tidur juga biasanya menjadi titik fokus. Jadi, jadikan itu sebagai titik awal dalam skema dekorasi Anda. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Selasa (2/7/2024), berikut sejumlah warna cat yang dapat membuat kamar tidur kecil lebih bergaya. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Kamar Tidur Terasa Nyaman

Gunakan warna menyeluruh untuk tampilan kohesif

Plafon yang tinggi adalah impian di kamar tidur kecil karena memberikan ilusi ruang yang luas. Jadi, jika Anda cukup beruntung umemiliki kamar tidur dengan ketinggian, gunakan cat untuk menarik perhatian pada fitur ini.

Dengan menggunakan satu warna cat tidak hanya pada dinding, tapi juga pada pintu dan ambang pintu, akan memastikan sorotan tertuju pada plafon yang tinggi.

Jangan takut memilih warna cat gelap karena akan memberikan kesan intim dan nyaman serta merupakan ide cat kamar tidur yang bagus, berapa pun ukuran ruangan

Baca juga: 5 Aturan Desain Kamar Tidur Kecil agar Tampak Lebih Besar

Tambahkan panel untuk menarik perhatian di ruang kecil

Selanjutnya, warna cat yang dapat membuat kamar tidur kecil lebih bergaya adalah tambahkan panel untuk menarik perhatian di ruang kecil. 

Panel dinding kamar tidur adalah solusi mudah untuk kamar tidur kecil karena dapat menambahkan gaya instan pada dinding yang datar sehingga Anda tidak memerlukan banyak hal lainnya.

Dalam hal mengecat dinding, warna cat pucat merona membuat kamar tidur kecil terasa tenang dan damai.

Tempat tidur berlapis kain menambahkan warna ekstra dan menjadi pusat perhatian dalam warna hijau peppermint yang elegan dengan kepala tempat tidur bergaya Art Deco. 

Baca juga: 5 Warna Tirai yang Harus Dihindari di Kamar Tidur 

Pikirkan ke arah mana ruangan menghadap

Hijau adalah warna yang diambil dari alam dan merupakan pilihan populer untuk kamar tidur kecil.

Ada begitu banyak warna cat berbeda yang bisa dipilih untuk ide kamar tidur hijau, dari hijau hutan yang gelap, hijau sage, hingga warna daun pucat. Jadi, pilih nada yang sesuai dengan aspek ruangan.

Jika kamar kecil menghadap ke utara, pilih warna hijau dengan sedikit kehangatan untuk menangkal cahaya biru.

Jika ruangan menghadap ke selatan,Anda bisa memilih warna hijau dengan lebih banyak warna biru di dalamnya, yang akan menghilangkan panasnya warna tersebut. 

Baca juga: Jangan Lakukan, Ini 5 Kesalahan Desain Kamar Tidur Kecil Menurut Ahli

Ciptakan dinding fitur menggunakan cat

Terakhir, warna cat yang dapat membuat kamar tidur kecil lebih bergaya adalah ciptakan dinding fitur menggunakan cat. 

Ide cat kamar tidur kecil yang cerdas adalah dengan membuat dinding fitur kamar tidur sehingga menjadi hal pertama yang Anda lihat saat Anda masuk. Geometris adalah tren yang tak lekang oleh waktu, jadi mungkin gunakan garis-garis sederhana sebagai tema.

Pertama, cat dinding dengan warna pilihan Anda – hijau sage adalah warna dasar yang bagus – kemudian tambahkan faktor wow dengan garis-garis emas dalam desain grid. Sekali lagi, Anda hanya perlu mengoleskan selotip.

Kepala tempat tidur berwarna emas melengkapi garis-garis berwarna, lalu tambahkan warna pelengkap lainnya dengan seprai dan bantal. Menggantung lampu di kedua sisi tempat tidur adalah ide yang sangat menghemat tempat dan berarti Anda tidak memerlukan meja samping tempat tidur jika ruangannya kecil.

Leave a comment