Informasi Terpercaya Masa Kini

Obat Alami untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

0 23

Kualitas sperma yang baik sangat penting dalam mendukung kesuburan pria. Sperma yang sehat melibatkan jumlah sperma yang cukup, kemampuan gerak yang baik atau motilitas dan bentuk sperma yang normal.

Banyak faktor dapat memengaruhi kualitas sperma, termasuk gaya hidup dan asupan nutrisi. Berikut Popmama.com hadirkan obat alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

1. Makanan kaya antioksidan

Antioksidan membantu melindungi sperma dari kerusakan oksidatif yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Beberapa makanan tersebut adalah Stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya.

Selain itu dari segmen sayuran ada ayam, kale, dan brokoli mengandung vitamin E dan C yang tinggi. Kamu juga mengkonsumsi beberapa jenis kacang seperti almond, kenari, dan biji chia mengandung selenium dan vitamin E yang berperan dalam melindungi sperma.

2. Nutrisi penting

Selain itu kamu juga harus mengkonsumsi beberapa jenis nutrisi. Beberapa nutrisi telah terbukti berperan dalam meningkatkan kualitas sperma adalah zinc yang dapat ditemukan dalam daging merah, unggas, dan kerang. Zinc penting untuk produksi sperma dan hormon testosteron.

Selain itu ada asam folat yang  terdapat dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asam folat berperan dalam pembelahan sel sperma yang sehat.

 3. Herbal dan suplemen alami

Kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai hal herbal dan suplemen alami yang telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma sebagai obat alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Beberapa di antaranya adalah  Ashwagandha yaitu ramuan adaptogen ini dapat meningkatkan motilitas sperma dan jumlahnya. Studi menunjukkan peningkatan signifikan pada pria yang mengonsumsi ashwagandha secara rutin.

Selain itu ada maca root  yang berasal dari Peru. Perlu diketahui bahwa tanaman ini dapat meningkatkan libido dan kualitas sperma. Maca juga dapat meningkatkan volume sperma dan motilitasnya.

4. Mengelola stres

Stres dapat mempengaruhi produksi hormon dan kesehatan sperma. Kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mengelola stres. 

Salah satunya adalah dengan meditasi dan yoga. Praktik ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

5. Gaya hidup sehat

Mengadopsi gaya hidup sehat sangat penting untuk meningkatkan kualitas sperma. Kamu dapat menghindari rokok dan alkohol.

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak DNA sperma dan mengurangi kualitasnya. Selain itu pastikan kamu mendapat kualitas tidur yang baik. Tidur yang cukup dan berkualitas membantu tubuh dalam proses regenerasi dan produksi hormon yang penting untuk kesehatan sperma. Demikian deretan obat alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Baca Juga:

  • 13 Cara Memperbanyak Sperma dalam 1 Hari, Papa Harus Tahu!
  • 20 Makanan Penyubur Sperma agar Istri Cepat Hamil
  • 5 Ciri Sperma Tidak Subur yang Perlu Diwaspadai saat Promil
Leave a comment