Informasi Terpercaya Masa Kini

Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Lebih Awet

0 18

KLATEN, KOMPAS.com – Perawatan air conditioner (AC) pada mobil wajib dilakukan secara rutin guna menjaga performa dan keawetan komponen.

Perawatan AC mobil meliputi penggantian oli kompresor guna membuang kotoran di dalam saluran freon serta pembersihan komponen yang bersinggungan dengan udara baik di area dalam kabin atau pun luar.

Seiring pemakaian, setiap komponen yang bersinggungan dengan udara akan kotor karena debu yang menempel. Maka dari itu, penting menjaga kebersihan kabin demi keawetan AC.

Baca juga: Kenali Tanda AC Mobil Bekas Masih Sehat

Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan kabin yang jarang dibersihkan cenderung akan menghasilkan debu lebih banyak sehingga secara tak langsung akan mempengaruhi performa AC.

“Debu ini akan beterbangan dan tak luput dapat menempel pada komponen AC, khususnya evaporator dan filter kabin untuk area kabin, dan kondensor untuk area luar, sehingga dapat membuat sumbatan,” ucap Dewa kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dewa mengatakan filter kabin yang sudah kotor akan membuat aliran embusan angin tidak lancar, akibatnya AC menjadi kurang dingin. Sebaiknya komponen ini sering dibersihkan atau konsumen menjaga kebersihan kabin akan lebih efektif.

Baca juga: AC Mobil Tak Dingin, Solusinya Cukup Tambah Freon?

Menurut Dewa, Tidak hanya soal debu, beberapa pengharum ruangan, kebiasaan merokok menurut juga dapat mengotori evaporator dan menyumbat kisi-kisinya.

“Sebenarnya ada filter kabin, tapi bila kondisinya sudah kotor parah, seperti debu atau bekas pengharum ruangan menempel, lama-lama evaporator menjadi kotor membandel susah untuk dibersihkan,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan ketika filter sudah tidak mampu menyaring kotoran, maka evaporator juga berpotensi kotor, terlebih lagi tidak mobil yang tak dipasang filter kabin.

Baca juga: Embusan AC Mobil Tua Mendadak Panas, Cek Bagian Ini

 

Maka dari itu, menurut Dewa penting bagi konsumen untuk menjaga kebersihan kabin dari debu dan kontaminan lain dengan rutin menyedot debu di karpet, tempat duduk dan semua sudut di dalam kabin.

Dewa mengatakan perawatan ringan secara mandiri juga bisa dilakukan di rumah seperti membersihkan filter kabin dan menyemprot bagian kondensor yang ada di depan radiator mobil.

Berikut ini rangkaian perawatan AC mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah;

  • Membersihkan filter kabin
  • Menjaga kebersihan kabin
  • Tidak merokok di dalam kabin
  • Membersihkan kondensor AC ketika mencuci mobil
Leave a comment