Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Menyimpan Pisang yang Benar, Supaya Tetap Segar dan Tak Busuk

0 16

Pisang yang segar dapat dikenali dari warnanya yang kuning segar. Sayangnya, pisang akan berwarna hitam dan cepat membusuk apabila di simpan di dapur atau ruangan bersuhu hangat dalam waktu yang lama.

Apabila kamu punya stok pisang yang banyak dan ingin menyimpannya dalam waktu lama, yuk, terapkan 5 tips mencegah pisang busuk di bawah ini!

1. Jauhkan pisang dari buah lain

Meletakkan pisang berdekatan dengan buah seperti alpukat, apel, dan tomat hanya mempercepat kebusukannya. Pasalnya, buah-buah tersebut juga punya durasi matang yang cepat di ruang bersuhu hangat. Apabila disimpan bersamaan, maka buah-buahan tersebut akan melepaskan gas etilen, yang justru mempercepat pematangan pisang selama disimpan.

2. Membungkus pisang dengan plastic wrap

Membungkus batang pisang dengan plastik dapat mencegahnya cepat matang. Metode cerdik ini bertujuan untuk memperlambat pelepasan gas etilen di tandan pisang.

3. Simpan pisang di kulkas

Solusi terbaik untuk memperlambat pematangan pisang adalah dengan menyimpannya di kulkas. Suhu dingin mempunya fungsi untuk mempertahankan rasa dan tekstur pisang tetap utuh dan segar.

Meskipun kulit pisang berubah menjadi coklat kehitaman, setidaknya kamu tetap bisa mengonsumsinya lantaran daging buahnya masih utuh dan tak lembek.

4. Bekukan pisang

Cara menyimpan pisang yang benar berikutnya adalah hdengan membekukan pisang, Langkah ini cukup ampuh untuk memperlambat pisang matang. Selain memperlambat kematangan, pisang yang beku bisa bertahan selama 30 hari tanpa membusuk. Caranya cukup menyimpan pisang di chiller dengan suhu yang sangat dingin.

Biasanya pisang beku diolah sebagai smoothies atau pun campuran bahan pancake. Namun, kamu perlu mencairkan pisang beku selama satu hari di kulkas apabila ingin menggunakannya untuk memasak atau dimakan langsung.

5. Rendam pisang dengan asam

Sumber asam seperti perasan jeruk atau cuka mampu memperlambat oksidasi dan mencegah pembusukan pada pisang. Kamu hanya perlu mengupas pisang dan membelahnya bagi dua. Setelahnya, campurkan pisang yang sudah di kupas dengan 1-2 sdt air jeruk atau lemon.

Jika tak punya air lemon atau air jeruk, kamu merendam irisan pisang dengan air cuka. Bilas bersih dengan air bersih sebelum mengonsumsinya, untuk menghilangkan rasa kecut dari cuka.

Itulah tips menyimpan pisang agar tetap segar dan tahan lama. Apakah kamu punya tips lainnya? Coba tuliskan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 8 Tips Menyimpan Buah di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Baca Juga: Tak Selalu Rusak, Ini 7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Baca Juga: Cara Menyimpan Salmon Agar Tahan Lama, Jadi Hemat, nih!

Leave a comment