Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Calon Pengganti Southgate di Timnas Inggris, Ada Klopp dan Guardiola

0 23

KOMPAS.com – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) bergerak cepat mencari pengganti Gareth Southgate mengingat Inggris akan tampil di UEFA Nations League pada September 2024. 

Inggris tergabung di Grup B2 UEFA Nations League bersama Finlandia, Irlandia, dan Yunani. Mereka dijadwalkan melawan Irlandia di Stadion Aviva, Dublin, pada 7 September 2024. 

Namun, skuad berjulukan The Three Lions itu saat ini tidak punya pelatih seusai Gareth Southgate mengundurkan diri pada Selasa (16/7/2024) atau dua hari pasca-final Euro 2024. 

Southgate ditunjuk sebagai pelatih Inggris pada 28 September 2016. Ia mendampingi The Three Lions dalam 102 laga dengan catatan 64 kemenangan, 20 imbang, dan 16 kali kalah. 

Baca juga: Gareth Southgate Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Inggris

Ia membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018, final Euro 2020, perempat final Piala Dunia 2022, dan final Euro 2024. 

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) pun langsung mencari pengganti sebab Inggris sudah ditunggu pertandingan lainnya di UEFA Nations League. 

CEO FA, Mark Bullingham, menegaskan bahwa ia ingin pelatih baru timnas Inggris ditentukan secepat mungkin. 

“Proses pencarian pengganti Southgate telah dimulai dan kami berharap manajer baru dikonfirmasi sesegera mungkin,” ucapnya. 

Baca juga: Jawaban Southgate soal Masa Depan di Inggris Usai Gagal Juara Euro

“FA memiliki solusi sementara jika diperlukan dan tidak akan berkomentar lebih lanjut mengenai proses tersebut sampai pelatih baru ditunjuk,” ucap Mark Bullingham. 

Berikut 7 nama yang berpotensi menggantikan Southgate, dikutip dari BBC: 

1. Lee Carsley 

FA mempertimbangkan Lee Carsley, yang kini menjabat sebagai menajer timnas U21 Inggris, untuk menjadi penerus Gareth Southgate. Ia sudah lama bergabung dengan FA dan membawa Inggris menjuarai Euro U21 2023.

2. Josep Guardiola

Guardiola masih terikat kontrak dengan Manchester City sampai 2025. Namun, kesuksesannya di level klub bersama Barcelona, Bayern Muenchen, dan Man City menjadi pertimbangan menarik untuk FA. 

3. Eddie Howe

Saat ini, Howe masih melatih Newcastle United. Namun, ia sudah disebut-sebut sebagai calon pelatih Inggris sejak menangani Bournemouth. Ia membawa Bournemouth naik kelas dari League One ke Championship dan akhirnya menjadi salah satu tim Premier League. 

Reputasinya semakin meningkat usai membawa Newcastle lolos ke Liga Champions 2023-2024. Sama seperti Guardiola, Howe juga masih punya kontrak yang diketahui hingga 2027 di Newcastle. 

4. Jurgen Klopp

Klopp saat ini sedang menganggur usai mundur dari kursi pelatih Liverpool akhir musim lalu. Namun, FA tampaknya sulit mendatangkan Klopp sebab ia sudah menegaskan bahwa ingin beristirahat dan tak melatih dalam waktu dekat. 

5. Maurico Pochettino 

Pochettino tak asing dengan sepak bola Inggris sebab ia pernah melati Southampton, Tottenham Hotspur, dan Chelsea. Ia belum pernah membawa klub Inggris juara, tetapi ia sukses mengantarkan PSG meraih gelar Ligue 1, Piala Perancis, dan Piala Super Perancis. 

6. Graham Potter

Nama Potter mentereng saat melatih Brighton & Hove Albion pada 2019-2022. Namun, reputasinya sedikit menurun setelah dipecat Chelsea pada April 2024 atau kurang dari 7 bulan sejak pertama kali ditunjuk melatih tim beralias The Blues itu. 

7. Thomas Tuchel 

Tuchel saat ini juga sedang mencari pekerjaan setelah tak lagi melatih Bayern Muenchen akhir musim lalu. Ia punya 11 gelar saat melatih di level klub, termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub bersama Chelsea. 

Dia dilaporkan hampir menggantikan Erik ten Hag di Manchester United, sebelum klub berjuluk Setan Merah itu memperpanjang kontrak Erik ten Hag. 

Leave a comment