Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini video pusara seorang martir di Karbala, bukan ‘makam Nabi Muhammad’

0 13

Video yang menampilkan sebuah peti kaca telah ditonton jutaan kali di media sosial setelah dibagikan dengan klaim salah bahwa klip itu menunjukkan makam Nabi Muhammad. Faktanya, video tersebut serupa dengan beberapa video dan gambar makam seorang tokoh Muslim Syiah di Irak. Pusara Nabi Muhammad terletak di Masjid Nabawi di Arab Saudi, dan makamnya dikelilingi tembok sehingga tidak bisa dilihat secara langsung oleh jemaah.

“Makam Rasulullah SAW di buka (sic.), kita bisa melihat dari dekat,” tulis teks dalam klip yang dibagikan di SnackVideo pada tanggal 3 Juli 2024.

Video tersebut menunjukkan sebuah peti kaca yang diselubungi kain hitam bertuliskan kaligrafi huruf Arab dari jarak dekat. Orang-orang mengelilingi peti itu dan tampak menangis.

Video serupa dibagikan juga di SnackVideo, YouTube, TikTok, serta Facebook, menghimpun lebih dari 2,6 juta views.

Namun, video itu tidak menunjukkan pusara Nabi Muhammad.

Makam Sang Nabi dan dua sahabat terdekatnya, Abu Bakar dan Umar, terletak di dalam ruangan tertutup di Masjid Nabawi di Arab Saudi (tautan arsip di sini dan sini).

Masjid tersebut dianggap sebagai salah satu tempat tersuci bagi umat Islam dan dikunjungi jutaan orang dari berbagai belahan dunia.

Menurut panduan haji, makam Nabi Muhammad tidak bisa dilihat secara langsung karena dikelilingi tembok yang tidak memiliki jendela dan pintu.

Makam di Karbala

Kombinasi pencarian gambar terbalik dan kata kunci di Google menemukan video yang menunjukkan peti kaca serupa di unggahan YouTube berjudul, “Makam Asli Hazrat Aun bin Abdullah a.s. di Karbala Irak,” yang diunggah kanal Najaf TV pada 7 Oktober 2022 (tautan arsip).

Aun bin Abdullah adalah keponakan Husein, yang dipercayai oleh orang-orang Muslim Syiah sebagai penerus sah Nabi Muhammad. Ini menjadi salah satu pembeda antara Muslim Syiah dengan Sunni.

Ia terbunuh di Perang Karbala yang berlangsung pada abad ke-7, dan makamnya berlokasi di Kuil Hazrat Aun bin Abdullah di Kota Karbala, Irak (tautan arsip di sini dan sini).

Berikut perbandingan tangkapan layar antara klip dengan klaim salah (kiri) dan video Najaf TV (kanan), di mana beberapa bagian yang mirip telah ditandai oleh AFP:

Elemen serupa juga bisa dilihat di video makam tersebut yang diunggah kanal YouTube terverifikasi milik Shakir Ali Najafi, seorang penulis dan fotografer asal Irak, serta di situs berbahasa Arab ini (tautan arsip di sini dan sini).

AFP telah menyanggah beberapa unggahan lain yang mengklaim menunjukkan makam Nabi Muhammad di sini dan di sini.

Leave a comment